Jurusan Teknik Geologi : Kenapa Harus Memilih Jurusan Ini?

Jurusan Teknik Geologi : Kenapa Harus Memilih Jurusan Ini?

Nov 10, 2022 by admin

Deskripsi Jurusan

Teknik Geologi merupakan bidang studi slot qris yang banyak melakukan penelitian terkait bumi, komposisi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, hingga proses pembentukannya. Perkembangan ilmu geologi saat ini sangat luas, sehingga tidak hanya terbatas pada sumber daya mineral, tetapi juga konstruksi bangunan hingga bencana.

Baca juga : Penjelasan Mengenai Jurusan Teknik Nuklir

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknik Geologi?

  • Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Teknik Geologi.
  • Lulusan Teknik Geologi sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan, perminyakan, maupun geoservices.
  • Kamu juga bisa membuka jasa konsultan rekayasa geologi lho. Misalnya dalam bidang geologi teknik, sumber daya air, lingkungan, atau lainnya.
  • Karier di bidang pengelolaan kebencanaan dalam rangka pembangunan wilayah yang berkelanjutan juga patut diperhitungan lulusan Teknik Geologi.
  • Kalau ingin menjadi abdi negara, kamu bisa bergabung dengan instansi pemerintah seperti Kementerian ESDM.

Perusahaan-swasta juga banyak loh yang membutuhkan lulusan Teknik Geologi, harus pandai-pandai melihat peluang ya!

Prospek Kerja
Sarjana Teknik Geologi dapat menerapkan ilmunya di bidang pencarian sumberdaya energi (minyak dan gas bumi, batubara dan panas bumi), dan sumberdaya mineral (Emas, Perak, dll), termasuk bidang jasa yang berhubungan. Sarjana Teknik Geologi juga dibutuhkan oleh pemerintah daerah untuk pengembangan potensi sumberdaya alam daerah dan pengelolaannya. Beberapa perusahaan atau instansi yang membutuhkan sarjana Teknik Geologi diantaranya adalah

Industri Perminyakan dan Gas Bumi
Pada bidang ini sarjana Teknik Geologi akan bertugas sebagai ahli yang bertugas untuk melakukan proses eksplorasi minyak dan gas bumi. Misalnya: Medco Energi, Pertamina, Chevron, ExxonTotal Indonesia,dan lainnya.

Industri Pertambangan
Pada industri pertambangan sarjana Teknik Teknik Geologi bertanggungjawab untuk mencari potensi SDA seperti mineral berharga dan batu bara. Misalnya: PT Aneka Tambang, PT Freeport Indonesia, PT Timah.

Konsultan Teknik Geologi
Konsultan Teknik Geologi akan mengerjakan berbagai macam pekerjaan yang berhubungan dengan proses eksplorasi SDA. Oleh karena itu, konsultan Teknik Geologi akan banyak bekerjasama dengan industri-industri perminyakan dan penambangan.

Lembaga atau Pusat Penelitian

Instansi Pemerintahan
Sarjana Teknik Geologi akan mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses eksplorasi SDA. Beberapa instansi pemerintah yang membutuhkan sarjana Teknik Geologi misalnya Direktorat Energi dan Sumberdaya Mineral, Kantor Wilayah (Kanwil), BAPPENAS, BAPPEDA.

Universitas
Sarjana Teknik Geologi dibutuhkan sebagai pengajar di Universitas.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *