Kenapa Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh?

Kenapa Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh?

Nov 13, 2022 by admin

Apa itu Jurusan Kartografi & Penginderaan jauh

Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh, dengan Kartografi sebagai ilmu, seni dan teknologi pembuatan peta yang melibatkan pekerjaan geodesi, fotogrametri, kompilasi dan reproduksi peta. Kartografi menyediakan sarana untuk kita melihat dunia di sekitar dan mencegah kebutaan spasial. Dengan kemajuan teknologi, bidang kartografi telah memberi kita sejumlah data besar yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan terkait lokasi dan menyadari ruang. Sementara Penginderaan Jauh adalah pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut. Contohnya satelit pengamatan bumi, satelit cuaca, memonitor janin dengan ultrasonik dan wahana luar angkasa yang memantau planet dari orbit.

Baca juga : penjelasan Mengenai Jurusan BioEntrepreneurship

Jadi Jurusan Ilmu Kartografi dan Penginderaan Jauh merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana menganalisis informasi spasial geografi kemudian menyajikannya dalam bentuk peta tematik yang komunikatif, di jurusan ini kamu juga akan belajar menganalisis medan untuk kajian kewilayahan dan pembangunan regional, menerapkan teknik analisis citra dan peta, serta pengolahan informasi spasial secara terpadu dengan dukungan teknologi sistem informasi geografi (SIG).

Kenapa Jurusan Kartografi & Penginderaan Jauh?

Berkuliah di Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh tentunya akan jauh dari kata membosankan, sebab termasuk ke dalam ilmu Geografi maka perkuliahannya akan diisi dengan mengeksplor banyak tempat-tempat baru untuk membuat perhitungan pemetaan secara manual maupun digital secara langsung Grameds. Jurusan ini cocok untukmu yang logis dan kreatif juga memiliki ketertarikan dengan dunia teknologi dan sains.

Selain itu prospek kerja lulusannya juga terbuka lebar, kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Badan Perencanaan baik di tingkat Pusat maupun Daerah (BAPPENNAS, BAPPEDA), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Jawatan Topografi TNI AD hingga Dinas-dinas sektoral, teknisi daerah, universitas, Konsultans Software, Perkebunan, Pertambangan, Perbankan, dan lain-lain.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kartografi dan Penginderaan

Lulusan prodi Periklanan pada umumnya bekerja di biro-biro iklan dan pemasaran (Advertising/Marketing Agency). Industri periklanan sendiri cangkupannya cukup luas antara lain :

  • Ahli Sistem Informasi Geografis
  • Peneliti dan Ahli Teknologi Informasi Geospasial
  • Peneliti Geografi (Tidak Termasuk Hydrologist dan Geographer)
  • Ahli Peta Geografi Account Manager

Kamu juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi, survei, dan industri serta di berbagai instansi atau badan milik pemerintah, contohnya Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Jawatan Topografi TNI AD.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *