Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 6 SD Semester 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3

 A. Pelestarian Hewan dan Tumbuhan

Negara mempunyai peran penting dalam menyelamatkan hewan dan tumbuhan dengan cara membuat undang-undang perlindungan. Selain itu, dilakukan dengan melindungi tempat hidupnya, seperti menetapkan suatu daerah menjadi kawasan yang dilindungi. Kawasan tersebut diuraikan sebagai berikut.

1. Pembuatan kebun raya, berfungsi sebagai tempat koleksi tanaman dari berbagai wilayah untuk dilestarikan, diteliti dan tempat rekreasi. Contoh Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, dan Kebun Raya Purwodadi.

2. Suaka Margasatwa, berfungsi melindungi hewan-hewan yang hampir punah. Contoh Suaka Margasatwa Gunung Leutser di Aceh, Suaka Margasatwa Way Kambas di Lampung, dan Suaka Margasatwa Muara Angke di Jakarta.

3. Hutan lindung berfungsi sebagai daerah resapan air, mencegah erosi, dan melinduni habitat berbagai jenis tanaman.

4. Taman Nasional, berfungsi melindungi makhluk hidup dan ekosistemnya. Contoh Taman Nasional Gunung Leutser di Aceh, Taman Nasional Ujung Kulon di Jawa Barat, dan Taman Nasional Baluran di Jawa Timur.

5. Cagar Alam berfungsi menjaga kondisi alam suatu wilayah agar tetap dalam keadaan alam. Contoh Cagar Alam Pangandaran di Jawa Barat, Cagar Alam Kawah Ijen di Jawa Timur, dan Cagar Alam Rafflesia di Bengkulu.

6. Hutan Wisata merupakan hutan produksi guna diambil manfaatnya dan dapat digunakan untuk tempat wisata.

7. Taman Laut didirikan untuk menjaga keanekaragaman laut. Contoh Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara. 

B. Sekilas Tentang Sang Saka Merah Putih

1. Sang Saka Merah Putih merupakan sebutan bagi bendera nasional Indonesia. Warna merah putih memiliki makna. Merah berarti berani, dan putih berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya sangat penting, dan saling melengkapi.

2. Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944. Bahan bendera terbuat dari katun Jepang dengan ukuran 276 cm × 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun kemerdekaan RI.

3. Karena usianya yang sudah tua, Sang Saka Merah Putih terakhir tersebut kali berkibar pada tahun 1969. Bendera disimpan di Museum Nasional. Pemerintah kemudian membuat bendera duplikat dengan ukuran 300 cm × 200 cm.

Penugasan!

Kerjakan tugas di bawah ini dengan benar dan disiplin!

1. Sebutkan progam-progam pemerintah dalam melestarikan hewan dan tumbuhan!

2. Apa yang dimaksud suaka margasatwa?

3. Mengapa gajah diburu manusia?

4. Bagaimana pemerintah menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan?

5. Apa manfaat kayu cendana bagi manusia?

Posting Komentar

0 Komentar