Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 5 SD Semester 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3

 A. Pengertian dan Jenis Kalimat Tanya

Kalimat tanya berfungsi untuk meminta jawaban berupa penjelasan, untuk menggali informasi atau mengklarifikasi. Kalimat tanya juga digunakan untuk tujuan tertentu, biasa disebut kalimat tanya tersamar. Selain itu, kalimat tanya diajukan tanpa memerlukan jawaban yang disebut kalimat tanya retoris.

Kalimat tanya dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

1. Kalimat tanya biasa

Kalimat tanya biasa adalah kalimat tanya yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Contoh: Mengapa kita harus menjaga kesehatan?

2. Kalimat tanya retoris

Kalimat tanya retoris adalah kalimat tanya yang membutuhkan respon berupa sikap. Biasanya untuk memberi semangat, motivasi atau menyindir.

Contoh: Bukankah kita harus membela mereka yang tertindas?

3. Kalimat tanya tersamar

Kalimat tanya tersamar adalah kalimat tanya yang disampaikan tersirat dengan tujuan orang yang ditanyai memberi respon seperti yang diharapkan.

Contoh: Bisakah saya pulang ke rumah?

B. Mengenal Kegiatan Usaha Ekonomi Mandiri

Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi. Coba temukan peran produsen, distributor, dan konsumen dalam perekonomian Indonesia.

Penugasan!

Kerjakan tugas di bawah ini dengan benar dan disiplin!

1. Sebutkan jenis-jenis kalimat tanya!

2. Buatkan 2 contoh kalimat tanya retoris!

3. Apa yang dimaksud kalimat tanya tersamar?

4. Apa yang dimaksud dengan konsumen?

5. Mengapa ketiga pelaku ekonomi saling berhubungan?

Posting Komentar

0 Komentar