Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 5 SD Semester 1 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3

A. Ekonomi Maritim di Indonesia

Salah satu potensi terbesar yang dimiliki Indonesia saat ini adalah laut. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan komposisi 70% lautan dan 30% daratan. Luasnya lautan berdampak pada sektor ekonomi, yaitu sektor pelayaran, perikanan, dan pariwisata bahari.

1. Sektor Pelayaran

2. Sektor Perikanan

3. Sektor Pariwisata Bahari

B. Mengenal Kejayaan Bahari di Indonesia

Sejarah telah mencatat bahwa kejayaan bahari bangsa Indonesia sudah lahir sebelum kemerdekaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya temuan-temuan situs prasejarah maupun sejarah. 

Penemuan situs prasejarah di gua-gua Pulau Muna, Seram, dan Arguni yang dipenuhi oleh lukisan-lukisan perahu layar menggambarkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia merupakan bangsa pelaut. Selain itu, ditemukan kesamaan benda-benda sejarah suku Aborigin di Australia dengan benda-benda sejarah yang ditemukan di Pulau Jawa. Penemuan ini menggambarkan bahwa nenek moyang bangsa kita telah melakukan hubungan dengan bangsa lain, yang tentunya menggunakan kapal-kapal layar.

Kerajaan Sriwijaya bahkan memiliki armada laut yang besar dan kuat. Armada laut Sriwijaya mampu menguasai jaur perdagangan laut dan memungut cukai atas penggunaan laut. Pengaruh Sriwijaya meliputi Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan catatan sejarah bahwa terdapat hubungan erat dengan Kerajaan Campa yang terletak di antara Kamboja dan Laos.

Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah mampu membangun Candi Borobudur. Pada Candi tersebut terdapat relief berupa gambar perahu layar dengan tiang-tiang layar yang kukuh dan menggunakan layar segi empat yang lebar

Kerajaan Singosari di bawah kepemimpinan Raja Kertanegara pun juga memiliki armada kapal dagang yang mampu mengadakan hubunganhubungan dagang lintas laut. Bahkan, perkembangan Kerajaan Singosari dianggap sebagai ancaman bagi Kerajaan Tiongkok dengan rajanya Khu Bilai Khan. Raja Khu Bilai Khan mengirimkan armada perangnya dan mendarat di Pulau Jawa.

Pada masa itulah, Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit kemudian berkembang menjadi kerajaan maritim yang besar. Kerajaan Majapahit memiliki pengaruh dan kekuasaan yang luas meliputi wilayah Nusantara. Dengan kekuatan armada lautnya dan didukung oleh kemampuan perang Patih Gajah Mada, wilayah Kerajaan Majapahit kian luas.

Dengan bukti-bukti sejarah inilah tidak bisa dielakkan bahwa kejayaan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak zaman dahulu. Namun dalam perjalanannya, kejayaan bahari ini mulai mengalami keredupan seiring terjadinya penjajahan Belanda dengan praktik kebaharian kolonialnya.

Oleh: Dr. Y. Paonganan, S.Si., M.Si

C. Perilaku sesuai Sila Pancasila

1. Perilaku Sesuai Nilai Pancasila dalam Lingkungan Keluarga

    a. Taat dan patuh pada orang tua

    b. Menghargai perbedaan pendapat

    c. Menghormati orang tua dan saudara

    d. Sopan dan santun kepada orang tua

2. Perilaku Sesuai Nilai Pancasila dalam Lingkungan Sekolah

    a. Menaati tata tertib sekolah

    b. Mengerjakan tugas sekolah dari guru dengan baik

    c. Ikut serta dalam pemilihan ketua kelas

    d. Berteman dengan semua teman

3. Perilaku Sesuai Nilai Pancasila dalam Lingkungan Masyarakat

    a. Menjenguk tetangga yang sakit

    b. Musyawarah dalam masalah masyarakat

    c. Melakukan kerja bakti

   d. Melakukan ronda malam hari

Penugasan!

Kerjakan tugas di bawah ini dengan benar dan disiplin!

1. Apa yang dimaksud wisata bahari?

2. Apa yang kamu ketahui tentang kapal pinisi? Jelaskan secara singkat dan beri gambar!

Posting Komentar

0 Komentar