Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 4 SD Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1

A. Manfaat Energi Matahari bagi Manusia

Matahari juga memiliki peranan penting untuk kelangsungan hidup semua makhluk di permukaan bumi. Sehingga bermanfaat bagi manuisa, hewan, tumbuhan, dan juga alam.

Manfaat energi matahari bagi manusia:

1. Untuk kesehatan tulang. Cahaya matahari mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang saat berjemur di pagi hari.

2. Untuk membakar lemak dalam tubuh. Hal ini bisa dilakukan saat kita berolahraga di pagi hari.

3. Untuk mengeringkan pakaian atau benda yang basah. Sehingga, saat menjemur pakaian atau benda lain seperti gabah padi yang basah bisa menjadi kering.

4. Untuk menghangatkan tubuh. Matahari memancarkan panas ke bumi yang bisa dimanfaatkan manusia terutama saat kondisi cuaca yang dingin.

5. Sebagai pembangkit tenaga listrik. Energi matahari bisa digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik yang dikenal dengan nama panel surya.

6. Sebagai pedoman penanggalan Masehi. Sehingga, bisa ditentukan waktu pergantian hari, tanggal, bulan, dan tahun.

B. Sumber Daya Alam di Indonesia

Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah. Disebut sumber daya alam karena berasal dari alam. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. 

Sumber daya alam terbagi dua. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai anak Indonesia, kamu harus tahu apa yang termasuk ke dalam keduanya, dan apa dampaknya apabila kita kekurangan keduanya. Penggunaan sumber daya alam berlebihan akan memengaruhi kehidupan manusia. Kita harus menghemat penggunaannya. 

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena terus tersedia dan dapat kita kelola untuk kita perbanyak jumlahnya. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan bijak dan melestarikannya. Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya. 

Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai tambang termasuk ke dalam kelompok sumber daya alam tidak dapat diperbaharui. Mengapa demikian? Karena jumlahnya sangat terbatas. Untuk menghasilkan minyak bumi diperlukan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, kita harus hemat menggunakan sumber daya alam ini.

Penugasan!

Kerjakan tugas di bawah ini dengan benar dan disiplin!

1. Sebutkan manfaat matahari yang kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari!

2. Buatlah peta pikiran berdasarkan materi sumber daya alam!

Posting Komentar

0 Komentar