Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 6 SD Semester 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4

 A. Pengamalan Sila Ketiga Pancasila

Sila ketiga berbunyi "Persatuan Indonesia". Maknanya adalah sebagai masyarakat Indonesia meskipun latar belakang yang berbeda-beda, kita harus tetap satu. Satu yang dimaksud adalah utuh dan tidak terpecah belah. Dengan bersatu, Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat.

Pohon beringin merupakan lambang sila ketiga. Pohon beringin memiliki akar tunggal panjang yang menunjang pohon besar. Hal tersebut menggambarkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Pohon beringin memiliki akar yang menjalar dimana-mana yang melambangkan sebagai negara kesatuan walaupun memiliki latar belakang budaya yang bermacam-macam. Pohon beringin merupakan pohon besar dan ridnang yang bisa digunakan orang untuk berteduh. Hal ini menggambarkan bahwa negara kita memiliki fungsi sebagai tempat berteduh atau naungan seluruh rakyatnya. 

Pengamalan sila ketiga dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Menggunakan produk dalam negeri

2. Saling menghargai setiap perbedaan

3. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara

4. Menjaga budaya warisan yang ada

5. Tidak membedakan suku, ras, dan agamanya


B. Manfaat Tumbuhan bagi Makhluk Hidup 

Tumbuhan tidak saja bermanfaat sebagai sumber makanan bagi kehidupan makhluk hidup. Akan tetapi, ada manfaat lainnya dalam kehidupan. Berikut manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup.

1. Sumber makanan

Tumbuhan mengandung nutrisi yang dibutuhkan manusia seperti karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin dan lainnya.

2. Sumber obat-obatan

Kandungan yang dimiliki tumbuhan juga memiliki khasiat sebagai obat-obatan alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Tumbuhan yang biasanya dijadikan obat-obatan tradisional adalah brotowali, temulawak, kunyit, jahe, sereh, dan lainnya.

3. Iklim

Karena banyak hutan yang gundul dan juga jarangnya tanaman membuat karbon dioksida yang harusnya digunakan sebagai bahan fotosintesis namun dilepaskan ke atmosfir yang dapat menutupi pantulan sinar matahari. Akibatnya terjadi pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim secara ekstrim. Untuk menangkalnya diperlukan penanaman kembali hutan yang gundul atau program menanam tumbuhan secara banyak.

4. Mengatu siklus air

Sering kali dilupakan fungi tumbuhan yang sangat penting untuk siklus air. Untuk melakukan proses fotosintesis selain memerlukan karbon dioksida, tumbuhan juga memerlukan air. Tumbuhan juga melepaskan sekitar 10% kelembapan di atmosfir melalui proses transpirasi. Sehingga selain hujan berasal dari air laut, juga berasal dari daun-daun tumbuhan.

Tidak hanya itu, tumbuhan juga dapat mengendalikan tanah longsor dan banjir karena tumbuhan dapat menyerap dan menyimpan air.

5. Media pembelajaran

Tumbuhan dapat digunakan sebagai pembelajaran anak dalam proses pertumbuhan dan struktur tumbuhan.

Sumber: kumparan.com

Penugasan!

Kerjakan tugas di bawah ini dengan benar dan disiplin!


1. Apa hubungan makna sila ketiga dengan video tarian dalam video di atas?

2. Subscribe dan beri komentar video di atas!

3. Apa maksud tumbuhan berpengaruh terhadap iklim?

4. Apa akibatnya jika kita tidak peduli dengan kelestarian tumbuhan?

5. Pak Doni menjual 20 bungkus jambu seharga Rp. 3500,00/bungkus, dan 35 bungkus apel seharga Rp. 4000,00/bungkus. Berapa total Pak Doni mendapat untung jika semua bungkusan terjual habis?

Posting Komentar

0 Komentar