Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 5 SD Semester 1 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4

A. Pengaruh Iklim Terhadap Persebaran Flora dan Fauna

Iklim merupakan rata-rata kondisi cuaca tahunan dan meliputi wilayah yang luas. Ilmu yang mempelajari kondisi cuaca dan iklim adalah Meteorologi dan Klimatologi. Badan nasional yang menangani masalah cuaca iklim di Indonesia disebut BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika).

Indonesai memiliki tiga jenis iklim, yaitu iklim musim, iklim laut, dan iklim panas. 

a. Iklim musim dipengaruhi oleh angin musi yang berubah-ubah setiap periode tertentu, biasanya enam bulan sekali. 

b. Iklim laut terjadi karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luas. Laut dan lautan Indonesia mengakibatkan tingginya penguapan. Wilayah yang memiliki tingkat penguapan yang tinggi, juga akan memiliki curah hujan yang tinggi. 

c. Iklim panas terjadi karena Indonesia berada di daerah tropis. Di daerah tropis tidak ada perbedaan yang jauh antara suhu pada musim hujan dengan suhu pada musim kemarau. Ciri iklim tropis lainnya adalah lamanya siang dan malam hampir sama, yaitu 12 jam. 

Perubahan iklim akan memengaruhi keberadaan flora dan fauna. Faktor iklim terbagi menjadi empat, yaitu suhu, sinar matahari, kelembapan udara, dan curah hujan.

Indonesia sangat kaya dengan keragaman flora dan fauna. Keanekaragaman hayati Indonesia bahkan termasuk tiga besar dunia bersama dengan Brazil di Amerika Selatan dan Zaire di Afrika.

Hewan dan tumbuhan akan beradaptasi sesuai suhu di habitatnya. Fauna yang hidup di suhu dingin memiliki bulu lebih tebal. Flora yang tumbuh di iklim subtropis menyesuaikan diri dengan ketersediaan sinar matahari. Sementara itu, tumbuhan di iklim tropis selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun sehingga tidap perlu merontokkan daunnya.

Intensitas curah hujan menentukan keberlangsungan hidup flora dan fauna di dalamnya. Kaktus memiliki habitat asli di padang pasir diciptakan mampu bertahan di bawah cuaca sangat panas. Walaupun hujan tak kunjung turun, kaktus akan mampu bertahan dalam jangka panjang.

Selain suhu dan curah hujan, angin juga memengaruhi jenis tumbuhan dan hewan. Angin membantu penyebaran serbuk sari bunga untuk menjamin keberlangsungan hidup suatu tanaman. Angin yang bertiup juga membantu burung untuk terbang dan bermigrasi saat musim dingin ke tempat yang lebih hangat.

B. Persebaran Flora di Indonesia


Penugasan!

Kerjakan tugas di bawah ini dengan benar dan disiplin!

1. Sebutkan tanggal terjadinya musim kemarau dan musim hujan!

2. Apa ciri pakaian yang cocok digunakan di musim kemarau dan musim hujan?

3. Gambarkan dan beri keterangan masing-masing 1 tumbuhan yang hidup di kawasan Indo-Malayan dan Indo-Australian!






Posting Komentar

0 Komentar