Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 5 SD Semester 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3

 A. Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila Pancasila

Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Pancasila terdiri dari sila lima. Berikut nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

1. Nilai Ketuhanan

Nilai ketuhanan mengandung arti keyakinan bangsa Indonesia terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa. Nilai ketuhanan juga memiliki arti pengakuan kebebasan untuk memeluk agama sesuai keyakinan masing-masing.

2. Nilai Kemanusian

Nilai kemanusiaan mengandung arti seluruh manusia merupakan makhluk beradab dan memiliki keadilan yang setara di sisi Tuhan.

3. Nilai Persatuan

Nilai persatuan mengandung arti usaha ke arah bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Nilai Kerakyatan

Nilai kerakyatan mengandung arti suatu pemerintahan dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan.

5. Nilai Keadilan

Nilai keadilan mengandung arti mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

B. Letak Geografis Indonesia

Letak geografis merupakan posisi atau letak suatu wilayah yang sebenarnya di permukaan Bumi. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia diapit oleh dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia, juga diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Wilayah Indonesia cukup luas, total wilayah sebesar 5,19 juta kilometer persegi. Wilayah perairan Indonesia mencapai 3,2 juta kilometer persegi sehingga Indonesia termasuk negara maritim.

Penugasan!

Kerjakan tugas di bawah ini dengan benar dan disiplin!

1. Sebutkan masing-masing 1 contoh penerapan nilai tiap sila di lingkungan masyarakat!

2. Sebutkan batas wilayah Indonesia!

Posting Komentar

0 Komentar