Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 5 SD Semester 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1

A. Organ Gerak pada Manusia dan Hewan

Manusia dan hewan bergerak karena organ gerak yang tergabung dalam sistem gerak. Sistem gerak terdiri dari organ gerak aktif dan organ gerak pasif. Otot merupakan organ gerak aktif karena memiliki senyawa kimia yang membuat otot dapat bergerak. Adapun tulang merupakan organ gerak pasif karena tidak dapat bergerak sendiri.

Berdasarkan ada tidaknya tulang belakang, hewan dikelompokkan menjadi hewan bertulang belakang (vertebrata), dan tidak bertulang belakang (avertebrata)

1. Vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Contohnya golongan hewan amfibi, reptil, ikan, burung dan mamalia.

Perbedaan hewan vertebrata dan avertebrata yakni tubuh hewan vertebrata mampu bergerak secara aktif dan hampir semua binatang ini memiliki kepala serta tubuh yang terpisah.

Selain itu hewan vertebrata juga memiliki alat pencernaan sempurna.

2. Avertebrata adalah kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Contohnya serangga, cacing, siput, dan protozoa.

B. Ide Pokok Bacaan

Ide pokok adalah gagasan atau ide yang menjadi ide pokok pengembang. Ide pokok disebut juga pokok pikiran, gagasan utama, gagasan pokok, atau pikiran utama. Dalam suatu paragraf hanya terdiri satu ide pokok. Ide pokok terdapat pada kalimat utama.

Menemukan ide pokok dapat dilakukan dengan teknik membaca cepat. Membaca cepat adalah kegaiatan membaca dengan cepat disertai memahami isi bacaan tersebut. Teknik membaca cepat dibagi dua, yaitu.

1. Teknik skimming adalah teknik membaca cepat untuk mendapatkan inti sari, misalnya ide pokok, simpulan, kesan dan tujuan penulisan.

2. Teknik scanning adalah teknik memahami informasi dari pembacaan secara cepat, kemudian berhenti ketika sampai di bagian yang dibutuhkan.

Penugasan!

Kerjakan tugas di bawah ini dengan benar dan disiplin!

1. Ringkaslah materi hari ini, berilah gambar (menempel atau menggambar sendiri) dan warna bolpoint berbeda untuk mendukung ringkasan lebih nyaman dibaca.

Posting Komentar

0 Komentar