Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jenis Jenis Akor

Jenis Jenis Akor

Harmoni adalah hubungan sebuah nada dengan nada lainnya. Harmoni meliputi interval dan akor.  Lantas apa ynag dimaksud akor? Akor adalah susunan nada yang terdiri atas tiga nada atau lebih yang dibunyikan secara serempak, sehingga menghasilkan suara yang harmonis. Akor dapat dimainkan menggunakan alat musik tertentu, misalnya gitar atau piano untuk mengiringi seorang penyanyi.


Sumber: EduCenter

Akor terdiri atas berbagai macam, antara lain akor mayor, akor minor, akor dominan septim, akor diminished, akor augmented, akor minor 6, akor mayor7, dan akor suspended. Akor yang paling sering dipakai dalam suatu lagu sederhana adalah akor mayor, akor minor, dan akor dominan septim. Akor lainnya digunakan untuk memperindah atau mengubah kualtas suatu lagu. Penyisipan akor yang berbeda akan memberikan efek rasa yang berbeda dalam iringan suatu lagu.

Simbol akor diperlukan dalam pembuatan aransemen musik atau lagu. Dalam penulisannya, akor ditulis di atas melodi lagu. Dalam ilmu harmoni, simbol akor dibedakan menjadi 2 macam, yaitu simbol angka dan huruf.

1. Simbol Angka

Simbol angka yang digunakan untuk menuliskan simbol akor adalah jenis angka Romawi I sampai VII. Akor dengan angka romawi dibedakan menjadi dua, yaitu:

    a. akor mayor ditulis dengan angka romawi besar (I, II, III, IV, V, VI, VII)

    b. akor minor ditulis dengan angka romawi kecil (i, ii, iii, iv, v, vi, vii)

2. Simbol Huruf

Simbol huruf dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

    a. akor mayor ditulis menggunakan huruf besar.

    b. akor minor ditulis menggunakan huruf kecil.

Contoh:

    a. Akor C mayor simbol hurufnya C.

    b. Akor D minor simbol hurufnya Dm.

    c. Akor G septime simbol hurufnya G7.

    d. Akor A minor simbol hurufnya Bm7.

    e. Akor B diminished simbol hurufnya Bdim.

Posting Komentar

0 Komentar