Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Dampak Modernisasi Positif dan Negatif

Dampak Positif  Modernisasi

1. Memperkuat Integrasi dalam Masyarakat. 

Dengan adanya sikap ini akan memperlancar proses komunikasi dan interaksi antar individu dalam masyarakat. Proses interaksi yang lancar akan mempererat jalinan hubungan antarwarga dan juga akan memupuk integrasi sehingga semakin kukuh.


sumber: teks.co.id

2. Peningkatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (iptek) 

Masuknya ilmu pengetahuan dan teknologi baru yang dapat membantu meringankan beban pekerjaan serta menghemat waktu dan tenaga, membuat mereka yakin bahwa dengan iptek akan meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya.

3. Kemajuan di Bidang Industri 

Semua kemudahan – kemudahan, fasilitas – fasilitas teknis yang ada akan mempercepat proses produksi dan distribusi barang dan jasa yang dihasilkan. Dalam proses produksi, kemajuan di bidang teknologi, terutama penambahan jumlah mesin – mesin produksi akan dapat menghasilkan barang dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang singkat. 

4. Meningkatkan Kesadaran Politik dan Demokrasi 

Semakin mudahnya mengakses informasi, baik dari media cetak maupun media elektronik, maka semakin banyak pula pengetahuan politik yang didapatkan oleh masyarakat. Dengan demikian sikap kritis sebagai perwujudan kehidupan yang demokratis akan lebih mudah terbentuk.

5. Kemajuan di Bidang Transportasi 

Saat ini, masyarakat sudah dimanjakan dengan fasilitas – fasilitas transportasi yang mengedepankan kenyamanan, keterjangkauan harga, dan ketepatan waktu. Semua bidang transportasi mulai dari kendaraan bermotor seperti bus, taksi, kereta api, pesawat terbang, dan kapal laut saat ini berlomba – lomba mengembangkan dan menambah fasilitas – fasilitas baru pada armada mereka untuk melayani masyarakat.

Dampak Negatif  Modernisasi

1. Pola Hidup Konsumtif Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. 


sumber: linggau

2. Sikap Individualistik Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. 

3. Gaya Hidup Kebarat – baratan 

Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli seperti anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain – lain.

4. Kesenjangan Sosial 

Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.

Sumber: gurupendidikan

Posting Komentar

0 Komentar