Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3

BDR Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3

Letak Wilayah Indonesia

Letak wilayah memiliki arti penting bagi sebuah negara. Faktor letak bagi suatu negara merupakan unsur penting bagi kelangsungan hidup negara tersebut, baik dalam bidang sosial, ekonomi, politik, maupun budaya. Letak wilayah Indonesia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu letak geografis dan letak astronomis.

Letak geografis adalah letak atau posisi suatu wilayah ditinjau dari kenyataannya di muka bumi berkaitan dengan letak relatif suatu wilayah terhadap wilayah lain di sekitar. Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Benua Australia dan Asia serta dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki letak strategis jika dilihat dari letak geografisnya.

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. 

Garis bujur adalah garis yang membagi bumi menjadi dua, yaitu barat dan timur. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT).

Garis lintang adalah garis khayal yang digunakan untuk menentukan lokasi di Bumi terhadap garis khatulistiwa (utara dan selatan). Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis lintang terbagi dua, yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).

Secara astonomis, Indonesia terletak di antara 6°LU (Lintang Utara)-11°LS (Lintang Selatan) dan 95°BT (Bujur Timur)-141°BT (Bujur Timur).

Sikap Persatuan dan Kesatuan

Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut: 

1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain. 

 2. Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai. 

3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme. 

Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. 

Tujuan Iklan


sumber: tirto.id

Iklan menjelaskan suatu produk, mengingatkan suatu kegiatan, dan upaya menjaga persatuan dan kesatuan. Media penyimpanan iklan tidak hanya dari media cetak saja tetapi juga berasal dari media elektronik.

Iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan suatu produk atau jasa. Namun, iklan juga dapat digunakan sebagai media sosialisasi atau mengajak masyarakat melakukan suatu hal positif. Banyak media elektronik yang sudah mengiklankan tentang menjaga kerukunan dan persatuan dan kesatuan. Kamu dapat mendengarkan berbagai jenis iklan melalui televisi, radio, dan smartphone. Kemajuan teknologi membuat iklan lebih cepat terhunbung dengan masyarakat.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:

Posting Komentar

0 Komentar