Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1

BDR Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1

Majalah merupakan salah satu contoh media cetak yang di dalamnya terdapat berbagai macam bacaan. Kamu juga dapat menemukan berbagai macam iklan yang menawarkan benda-benda yang dibutuhkan masyarakat. Coba amati gambar iklan berikut.


Iklan di sampaing menawarkan produk mesin cuci dengan merek "RESIK". Iklan tersebut mengajak konsumen untuk membeli produk mesin cuci dengan merek "RESIK". Lantas, apa yang dimaksud dengan iklan? Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual. Iklan biasa dipasang di media cetak ataupun media elektronik, seperti koran, majalah, radio, televisi, dan website.

Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran.

Zat Tunggakl dan Campuran 

A. Zat Tunggal 

Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.

B. Campuran 

Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.

1. Campuran Homogen 

Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan. 

2. Campuran Heterogen 

Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan. Contoh: campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:



Posting Komentar

0 Komentar