Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3

BDR Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3

Sumber Daya Alam Dapat Diperbarui dan Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam berupa benda mati atau makhluk hidup yang berada di bumi. Sumber daya alam dapat dijadikan sumber energi. Sumber energi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sumber energi yang dapat diperbarui dan sumber energi tidak dapat diperbarui.

1. Sumber Energi Dapat Diperbarui

Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan, dan tumbuhan.

2. Sumber Energi Tidak Dapat Diperbarui

sumber:keluhkesah.com

Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya. 

Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tumbuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. 

Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus.

Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.

Wawancara

Wawancara adalah bertanya jawab dengan seseorang untuk mendapat informasi tentang suatu hal. Orang yang memberi keterangan disebut narasumber. Sebelum wawancara, kamu hendaknya menyiapkan daftar pertanyaan.

Wawancara biasanya dilakukan oleh satu atau dua orang pewawancara dengan seseorang atau sekelompok orang yang menjadi sumber berita (narasumber). Umumnya, wawancara dilakukan atas permintaan atau keinginan pewawancara. Sedangkan dalam jumpa pers atau konferensi pers, wawancara biasanya dilaksanakan atas kehendak sumber berita.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:

Posting Komentar

0 Komentar