Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 3

BDR Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 3

Satuan bahasa terkecil dan terlengkap maknanya disebut kalimat. Sebuah kata terkadang tidak dapat mewakili makna yang utuh. Kalimat mempunyai makna yang utuh.

Bacalah teks berikut dengan senyap!

Perjalanan dengan Kereta

Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon. Mereka ingin mengunjungi kakek dan nenek. Udin dan Mutiara sangat senang. 

Udin dan keluarganya pergi ke Cirebon dengan kereta api. Mereka pergi ke stasiun kereta dengan angkutan kota. Ayah sudah menyiapkan tiket kereta untuk mereka. Mereka masuk ke stasiun kereta sambil menunjukkan tiket. Udin dan keluarganya menunggu kereta datang di dekat peron. 

Kereta yang Udin tumpangi sangat panjang. Kereta Udin memiliki 10 gerbong. Kereta berjalan di atas rel kereta. Rel kereta terbuat dari besi. Di dalam kereta ada ruang makan. Di dalam kereta juga ada toilet.

Selama di kereta, Udin menikmati pemandangan yang indah. Kereta melintasi jembatan di atas sungai. Ia melihat perkampungan dan sawah yang hijau. Udin juga melihat berbagai kendaraan lalu lalang. Ada sepeda motor, mobil, bus, becak, dan dokar. Udin melihat semuanya dari jendela kereta. 

Udin sangat bersyukur dapat menikmati perjalanannya dengan kereta. Udin berterima kasih kepada ayah dan ibu yang sudah mengajaknya bepergian. Ia juga berterima kasih kepada bapak masinis yang membawa ia dan keluarganya sampai di Cirebon.

Menghitung Keliling

Udin dan keluarganya menunggu kereta di dekat peron. Peron adalah pelataran tempat penumpang naik dan turun dari kereta. Di sekitar peron ada kursi-kursi untuk menunggu. 

Kursi peron berbentuk persegi panjang. Jika panjang kursi 250 cm dan lebarnya 50 cm, berapakah keliling kursi peron?



Keliling kursi peron: 50 cm + 250 cm + 50 cm + 250 cm = 600 cm

Kreasi Mobil Bagian 2

Alat dan bahan: 

Pisau, gunting, selotip, lem, piring kertas 4 buah, penggaris, spidol, stik es krim, lem, cat air, kuas, dan tutup botol. (Kamu dapat memanfaatkan barang bekas di sekelilingmu)

Ikuti langkah-langkah berikut!

1. Warnai mobil dengan warna kesukaanmu. Beri lampu dan hiasan depan.

2. Beri lampu dengan menempelkan tutup botol. 

3. Hias dengan menempelkan stik es krim. 

4. Tambahkan roda. Gunting piring kertas dengan ukuran yang sesuai. Tempelkan pada sisi kiri dan kanan seperti pada gambar. 

5. Tambahkan hiasan. Kamu dapat menggunakan kertas putih yang telah diwarnai. 

6. Mobil siap dipasarkan. 

Selain berkreasi membuat mobil, kamu juga bisa berkreasi membuat alat transportasi lain. Gunakan barang-barang yang ada di sekitarmu. Berkaryalah dengan sungguh-sungguh.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:

Posting Komentar

0 Komentar