Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 5 SD Semester 2 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 6

Kerukunan dan Keragaman

Wilayah Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke. Bentang alam ini merupakan salah satu alasan Indonesia kaya akan keragaman budaya. 

Keragaman budaya di antaranya berupa upacara adat, rumah adat, tari-tarian, dan berbagai lagu daerah. Hampir setiap daerah memiliki kebudayaan masing-masing. Banyaknya perbedaan kebudayaan dalam suku bangsa bisa menjadi sumber terjadinya konflik antara suku-suku bangsa dan golongan. Namun, keberagaman suku bangsa dan budaya tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Terbukti bangsa Indonesia tetap rukun dan bersatu. 

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beraneka ragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia. Kita memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Bendera kebangsaan kita merah putih sebagai lambang identitas bangsa. Kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

Alat Musik Melodis

Di Indonesia terdapat berbagai macam alat musik yang dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan bunyi yang harmonis dan nyaman untuk didengar. Alat musik melodis adalah alat musik yang bernada dan mempunyai irama. Pada sebuah lagu terdapat notasi. Alat musik melodis dapat memainkan notasi lagu tersebut. Contoh alat musik melodis yaitu recorder dan pianika.

1. Cara Bermain Seruling (Recorder)

Seruling Recorder dimainkan dengan cara ditiup. Hasil tiupan rata dan berbunyi tuuu. . ., bukan hu. . .. Perhatikan posisi jari untuk mendapatkan nada-nada tertentu.


2. Cara Bermain Pianika

Pianika dimainkan dengan cara meniup slang peniup dan menekan tuts pianika. Berikut nada-nada yang ada dalam pianika.


LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Baca Juga:

1. Materi Kelas 1 Semester 2 

2. Materi Kelas 2 Semester 2 

3. Materi Kelas 3 Semester 2

4. Materi Kelas 4 Semester 2

5. Materi Kelas 5 Semester 2

6. Materi Kelas 6 Semester 2

Posting Komentar

0 Komentar