Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 5 SD Semester 2 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4

BDR Kelas 5 SD Semester 2 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4

Ketampakan Alam Indonesia

1. Ketampakan Alam Daratan

Daratan adalah bagian alam yang tidak digenangi oleh air, berbentuk padat, dan ditinggali oleh manusia atau hewan darat lainnya. Tidak seperti negara lainnya, Indonesia mempunyai tanah daratan yang subur dan dikelilingi oleh banyak gunung api aktif dan tidak aktif. Dalam peta, daratan disimbolkan dengan warna cokelat, hijau, dan kuning. Selain warna, daratan juga digambarkan dalam simbol-simbol yang konvensional. Contoh ketampakan alam daratan sebagai berikut.

a. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan daerah sekitarnya.

b. Pegunungan adalah permukaan bumi yang terdiri atas rangkaian gunung-gunung berbentuk memanjang.

c. Dataran tinggi adalah permukaan bumi yang datar atau rata dengan ketinggian rata-rata 200-1.500 m di atas permukaan air laut.

d. Dataran rendah adalah permukaan bumi yang datar atau rata dengan ketinggian antara 0-200 m di atas permukaan air laut.

e. Lembah adalah permukaan bumi berbentuk cekung yang dikelilingi oleh gunung atau bukit dan pegunungan atau perbukitan.

2. Ketampakan Alam Perairan

Ketampakan perairan adalah benrang alam di permukaan bumi yang luas dan digenangi oleh air. Ketampakan perairan dapat dilihat di peta dengan warna biru. Semakin dalam perairan tersebut maka warna di dalam peta akan semakin gelap. Di Indonesia, ketampakan perairan dapat dibagi menjadi dua wilayah, yakni perairan darat dan perairan laut. Contoh ketampakan perairan sebagai berikut.


Sumber: dasaguru

a. Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah banyak dan luas yang menggenangi dan membagi garatan atas benua dan pulau.

b. Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang terisi air atau daerah genangan air.

c. Sungai adalah cejungan sempit memanjang lebih rendah dari daerah sekitarnya dan merupakan tempat mengalirnya air.

d. Pantai adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri atas pasir dan terdapat di daerah pesisir laut.

e. Selat adalah perairan atau laut sempit yang menghubungkan dua buah pulau.

f. Teluk adalah perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya.

g. Rawa adalah bagian permukaan bumi yang tergenang air dan ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan serta letaknya lebih rendah dari daerah sekitarnya.

Adaptasi Masyarakat terhadap Ketampakan Alam Sekitar

Kenampakan alam yang berbeda-beda di Indonesia berdampak pada contoh kehidupan masyarakat yang berbeda-beda pula. Kehidupan masyarakat pantai berbeda dengan kehidupan masyarakat yang berada di dataran tinggi. Secara geografis tempat tinggal masyarakat dibedakan menjadi dua meliputi masyarakat desa dan masyarakat kota.

Bacalah teks berikut!

Salak Pondok Sleman


Sumber: Kementrian Pertanian

Setiap wilayah memiliki kondisi alam yang berbeda. Hal ini akan memengaruhi jenis makanan khas daerah tersebut. Misalnya, daerah Sleman yang wilayahnya berada di lereng gunung Merapi. Wilayah di daerah Sleman sangat cocok untuk menanam salak pondok sehingga dapat memberikan rasa manis. Masayarakat Sleman memanfaatkan buah salak menjadi kripik untuk menambah variasi dalam mengonsumsi buah salak. Untuk menawarkan produk kripik salak pondoh, penjual membuat iklan produk mereka. Iklan yang telah dibuat lalu disebarluaskan melalui berbagai media. Kemajuan teknologi internet telah membuat iklan menjadi mudah dilihat banyak orang.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Baca Juga:

1. Materi Kelas 1 Semester 2 

2. Materi Kelas 2 Semester 2 

3. Materi Kelas 3 Semester 2

4. Materi Kelas 4 Semester 2

5. Materi Kelas 5 Semester 2

6. Materi Kelas 6 Semester 2

Posting Komentar

0 Komentar