Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 4 SD Semester 2 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 6

Konservasi Hewan

Lingkungan di sekitar kita terdapat tumbuhan dan hewan. Kita harus melindungi hewan agar tidak cepat punah. Contoh hewan yang dilindungi adalah elang. Bacalah bacaan berikut!

Konservasi Elang di Halimun Salak


Sumber: imron.web.id

Burung elang jawa (Nisaetus bartelsi) merupakan acuan lukisan Burung Garuda. Namun, kini jenis burung itu nyaris punah. Penyebab utama berkurangnya populasi burung elang jawa adalah kerusakan habitat tempat hidupnya. Kerusakan tersebut disebabkan karena adanya bencana alam maupun alih fungsi hutan menjadi ladang atau perkebunan. Ada pula perilaku manusia yang menyebabkan populasi burung ini semakin menyusut tajam yaitu perburuan. Burung elang hasil perburuan diperjualbelikan dan dijadikan koleksi pribadi. Oleh karena itu, Indonesia berupaya melakukan usaha pelestarian. Salah satunya di Taman Nasional Gunung Salak. Namun, usaha itu juga tidak mudah dilakukan. Penyebabnya yaitu minimnya perhatian dan dukungan pembiayaan. Untuk penandaan burung, misalnya Indonesia masih memakai metode lama yaitu dengan memasang semacam bendera kuning di sayap. Sebagai bandingan di Thailand pemantauan burung sudah berbasis satelit. Sebaliknya, dalam hal pengamatan burung Indonesia masih mengandalkan pengamatan mata.

Berdasarkan bacaan di atas, kamu dapat mengetahui tentang Konservasi Elang di Halimun Salak. Informasi dapat dipeoleh dari berbagai sumber, antara lain dengan membaca, menonton, televisi, melihat, atau dengan cara wawancara. Bentuk-bentuk wawancara sebagai berikut.

1. Wawancara berita dilakukan mencari bahan berita.

2. Wawancara dengan pertanyaan yang disiapkan terlebih dahulu.

3. Wawancara telepon dilakukan lewat pesawat telepon.

4. Wawancara pribadi.

5. Wawancara dengan banyak orang.

6. Wawancara dadakan/mendesak.

7. Wawancara kelompok, yaitu serombongan pewawancara.

Kewajiban Manusia terhadap Hutan, Sungai, Pohon, dan Hewan yang Terancam Punah

Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Manusia, hewan, dan tumbuhan diciptakan untuk hidup berdampingan dan saling berhubungan.

1. Kewajiban Manusia terhadap Hewan

Hutan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Tidak hanya menjadi penghasil oksigen yang utama. Hutan juga berfungsi untuk mencegah banjir. Penggundulan hutan akan menyebabkan curah hujan yang berlebih tidak bisa ditampung secara maksimal. Hal inilah yang sering menyebabkan terjadinya banjir hingga tanah longsor. Untuk mengatasi masalah tersebut, manusia melakukan reboisasi sebagai bentuk kewajiban memelihara hutan.

2. Kewajiban Manusia terhadap Sungai

Sungai memiliki manfaat bagi manusia. Membuang sampah ke sungai dapat menyebabkan aliran sungai menjadi tersumbat sehingga air tidak dapat mengalir ke laut. Akibatnya saat hujan deras, air sungai meluap sehingga terjadi banjir. Oleh karena itu, kita tidak boleh membuang sampah di sungai, tidak mencemaari sungai, dan membersohkan sungai dari sampah.

3. Kewajiban Manusia terhadap Pohon

Manusia membutuhkan pepohonan untuk memperoleh oksigen. Oleh karena itu, kita memiliki kewajiban untuk merawat dan melestarikan pohon-pohon agar tumbuh dan berkembang. Misalnya dengan memberi pupuk, menyirami pohon, dan tidak menebang pohon secara liar.

4. Kewajiban Manusia terhadap Hewan yang Terancam Punah

Keberadaan hewan semakin hari semakin punah. Contoh hewan yang terancam punah, yaitu orang utan, komodo, penyu, burung, dan cendrawasih. Setiap manusia memiliki kewajiban untuk melindungi hewan, tidak melakukan perburuan, dan melestarikan hewan terancam punah.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Baca Juga:

1. Materi Kelas 1 Semester 2 

2. Materi Kelas 2 Semester 2 

3. Materi Kelas 3 Semester 2

4. Materi Kelas 4 Semester 2

5. Materi Kelas 5 Semester 2

6. Materi Kelas 6 Semester 2

Posting Komentar

0 Komentar