Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4

BDR Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4

Keadaan Geografis dan Kehidupan Ekonomi


sumber: Symbian Planet

1. Filipina

Keadaan Alam 

Filipina merupakan negara kepulauan. Sebagian besar wilayah Filipina berupa pegunungan. Gunung api yang terdapat di Filipina antara lain Gunung Mayon, Gunung Taal, dan Gunung Pinatubo. Sekira 40% wilayah Filipina berupa hutan. Hasil hutan yang menonjol antara lain kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus, dan kayu mahoni. 

Hasil Utama 

Sebagian besar penduduk Filipina bermata pencaharian sebagai petani. Hasil pertanian utama, antara lain pisang, jeruk, kelapa, kopi, tembakau, dan tebu. Tanaman pangan utama adalah padi dan jagung. Hasil ternak utama adalah sapi perah. Hasil tambangnya terutama emas, perak dan tembaga. Hasil industri utamanya adalah tekstil, kertas, dan gula. 

2. Laos

Keadaan Alam 

Laos merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan laut. Wilayah Laos bergunung-gunung. Sungai Mekong merupakan sungai utama. Daerah pertanian terpenting terletak di lembah Sungai Mekong. Laos diselimuti hutan lebat. Laos juga memiliki dataran tinggi dan beberapa dataran rendah. 

Hasil Utama 

Hasil tanaman pangan utama Laos adalah padi dan jagung. Hasil hutan utama berupa kayu jati. Barang ekspor utama Laos antara lain kopi, kapur barus, dan kulit binatang. Barang impornya terutama minyak bumi, mesin-mesin, dan beras.

Bacalah teks berikut!

Kisah Petani Cabai Sukses, Untungnya Menggiurkan

Jawa Pos.com – Pensiun dari pekerjaan sebagai aparatur sipil Negara (ASN) tak membuat Imam Kusno berhenti berusaha untuk hidupnya. Pria yang sebelumnya berstatus guru ini justru sukses bertani cabai. Hasilnya bahkan melebihi penghasilan tetapnya tiap bulan. Berikut kisahnya. 


sumber: JPNN.com

Sudah 4 tahun ini Imam bergelut dengan tanaman cabai lokal. Dia menanam komoditas yang kini harganya selangit itu di atas tanah seluas sekitar 1 hektare di Desa Natai Raya, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah.

Dalam satu tahun,Imam mengaku bisa meraih untung hinggaRp100.000.000,00 dengan masa dua kali panen. Itu dilakoninya sendiri tanpa dibantu petani lainnya. Harga cabai yang kian mahal membuat penghasilannya bertambah. Harga cabai saat ini sekitar Rp150.000,00 per kilogram. 

”Yang kita tanam ini hanya seperempat hektare, sekitar lima batang saja. Kalau pakai tenaga sendiri hanya Rp3.000,00 per batang biaya perawatan hingga masa panen," ujar Imam, Senin (20/2) saat dikunjungi di kebun cabai miliknya. 

Menurut Imam, bertani cabai seperti merawat bayi. Harus tekun dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Ketika dipanen, para pedagang yang datang mengambil cabai ke rumahnya. Dia menjual sebesar Rp125.000,00 per kilogram. 

”Tergantung kualitas bibitnya, biasanya harga normal dulu sebelum naik Rp20.000,00 hingga Rp40.000,00 per kilogramnya," ujarnya. 

Imam menuturkan, penyebab harga cabai naik di pasaran adalah cuaca yang tidak menentu. Hal itu menyebabkan beberapa penyakit cabai, seperti jamur, hama, dan lainnya mudah menyerang. Hal yang ditakutkan petani cabai adalah apabila hujan siang hari karena jamur akan bermunculan. Karena itu, setelah hujan, tanaman cabai harus disemprot. 

”Menentukan berhasil atau tidak itu kan cuaca. Lebih baik musim kemarau sekalian lebih bagus. Dampaknya cuaca seperti ini, jamur yang banyak, patek juga banyak. Makanya, dua kali sehari disemprot tidak menutupi gagal panen," katanya. 

Sementara itu, Kasi Produksi Hortikultura Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Kobar, Legiman mengatakan, petani cabai di Kobar paling banyak berada di Kecamatan Pangkalan Lada dan Arut Selatan. Cabai lokal di Kobar sudah bisa memenuhi kebutuhan pasar. 

”Sebagian dipasok dari jawa, sekarang ini rata-rata cabai di pasaran sudah disuplai petani lokal dan kualitasnya juga bagus," tandasnya. 

Hak Asasi Manusia

Hak asasi manusia merupakan hak dasar dan berlaku universal bagi semua manusia. Hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada diri manusia sejak awal kelahiran dan berlaku seumur hidup. Hak asasi manusia dilindungi oleh undang-undang baik nasional maupun internasional. Secara garis besar hak asasi manusia digolongkan sebagai berikut:

1. Hak Asasi Pribadi (Personal Rights)

Contohnya sebagai berikut.

    a. Hak kebebasan bergerak, bepergian, dan berpindah tempat.

    b. Hak kebebasan mengemukakan pendapat.

    c. Hak kebebasan memiliki dan aktif organisasi.

2. Hak Asasi Ekonomi (Property Rights)

Contohnya sebagai berikut.

    a. Hak kebebasan melakukan jual beli.

    b. Hak kebebasan mengadakan perjanjian kontrak.

    c. Hak kebebasan menyelenggarakan utang piutang.

3. Hak Asasi Hukum (Legal Equality Rights)

Contohnya sebagai berikut.

    a. Hak mendapat perlakuan sama di depan hukum.

    b. Hak menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

    c. Hak mendapat layanan dan perlindungan hukum.

4. Hak Asasi Sosial Budaya (Social Culture Rights)

Contohnya sebagai berikut.

    a. Hak menentukan, memilih, dan mendapat pendidikan.

    b. Hak mendapatkan pengajaran.

    c. Hak mengembangkan budaya sesuai minat dan bakat.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:

Posting Komentar

0 Komentar