Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3

BDR Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3

Mengenal Sejarah Labuan Bajo, Destinasi Wisata Eksotis Indonesia

Sejarah Labuan Bajo

Dari sebelah timur Indonesia, tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur terdapat sebuah desa bernama Labuan Bajo. Labuan Bajo merupakan salah satu desa dari 9 desa yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Menurut sejarah, Labuan berasal dari kata labuhan yaitu desa yang dijadikan tempat berlabuh bagi orang-orang yang berasal dari Bajo dan Bugis Sulawesi Selatan. Akhirnya desa ini kemudian disebut Labuan Bajo.

Dengan eksotismenya, Labuan Bajo menjadi destinasi wisata yang bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Menjadi destinasi wisata, Labuan Bajo kemudian menjadi ibukota Kabupaten Manggarai Timur dengan fasilitas transportasi dermaga, pelabuhan bahkan bandar udara.

Obyek Wisata


Labuan Bajo memiliki banyak sekali obyek wisata. Bisa dikatakan sebenarnya hampir setiap meter wilayahnya memiliki keindahan dan keunikan. Betapa tidak, Labuan Bajo memang pulau kecil yang menghubungkan seluruh keindahan mulai dari pantai, laut, bukit serta padang rumput. Bahkan terdapat sebuah desa yang unik dengan kelestarian adat istiadatnya yang masih terjaga hingga sekarang.

Obyek-obyek wisata yang terkenal antara lain Pulau Komodo, Pantai Pink, Manta Point, Pulau kecil seperti kanawa, loh liang, air terjun bahkan goa pun terdapat di Labuan Bajo. Yang paling terkenal diantara semuanya adalah Pulau Komodo. Pulau Komodo disebut demikian oleh karena keberadaan hewan komodo. Hewan ini merupakan satu-satunya yang selamat setelah dahulu kala terjadi letusan gunung Krakatau yang menyebabkan terjadinya tsunami. Dengan keberadaannya yang lengendaris, hewan ini merupakan salah satu hewan yang dilestarikan. Begitu juga Pulau Komodo menjadi Taman Nasional yang diterima sebagai kategori situs warisan dunia oleh badan perserikatan bangsa-bangsa yaitu UNESCO.

Selain Pulau Komodo, yang juga terkenal adalah Pantai Pink dan Manta Point. Pantai pink adalah pantai dengan pasir yang berwarna pink yang menarik dan unik pemandangannya sedangkan Manta Point adalah patung yang terdapat didasar salah satu pantai di Labuan Bajo yang menjadi salah satu spot diving yang juga memiliki keunikan.

Demikian ulasan mengenai sejarah Labuan Bajo. Keberadaannya yang eksotis memang menggiurkan untuk dikunjungi. Simak juga ulasan lebih lengkap mengenai wisata pulau komodo di halaman ini. Selamat berwisata!


(Sumber:https://labuanbajotour.com/wisata/sejarah-wisata-labuan-bajo)


Hak dan Kewajiban Masyarakat


Setiap wisatawan yang berkunjung berhak menikmati keindahan alam di tempat wisata, namun mereka juga memiliki kewajiban, yaitu menjaga kebersihan dan kelestarian. Hak dan kewajiban tersebut hendaknya dilakukan dengan seimbang dan penuh tanggung jawab. Hak dan kewajiban merupakan hal yang saling berkaitan dan memiliki peran penting.


Hak adalah sesuatu yang menjadi miliki seseorang. Contoh hak warga negara sebagai berikut.


1. Setiap warga negara bebas untuk memilih.


2. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum.


3. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran.


4. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.


5. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan.


Kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan setiap orang dengan penuh rasa tanggung jawab. Contoh kewajiban sebagai berikut.


1. Setiap warga negara yang baik wajib membina dan melaksanakan hak dan kewajibannya dengan tertib.


2. Melaksanakan tata tertib di masyarakat dan sekolah.


3. Membayar SPP.


4. Melaksanakan tugas yang diberikan guru dengan sebaik-baiknya.


5. Wajib menaati perintah orang tua.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:

Posting Komentar

0 Komentar