Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5

 BDR Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5

Gerhana Bulan

Gerhana adalah penggelapan pada benda langit. Gerhana disebabkan oleh bayangan yang dibentuk oleh Bumi atau Bulan terletak dalam satu garis. Ada dua macam bayangan yang menyebabkan gerhana, meliputi umbra dan panumbra.

1. Umbra atau daerah bayangan kabur sebagian, menyebabkan gerhana sebagian.

2. Penumbra atau daerah bayanagan kabur sebagian, menyebabkan gerhana sebagian.

Gerhana Bulan terjadi pada saat bulan purnama. Ada tiga macam gerhana Bulan.

1. Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan total terjadi jika seluruh bagian Bulan berada di dalam umbra Bumi. Gerhana Bulan total paling lama terjadi selama 1 jam 40 menit.

2. Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana Bulan sebagian terjadi jika separuh bagian Bulan saja yang masuk ke dalam umbra Bumi, sedangkan sebagian masuk ke penumbra.

3. Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana Bulan penumbra terjadi apabila terjadi apabila seluruh bagian Bulan berada di dalam penumbra Bumi.

Bacalah bacaan berikut!

Gerakan Bulan

Berikut jenis gerakan bulan beserta akibatnya. 

a. Rotasi Bulan 

    Sama halnya Bumi dan planet lainnya, Bulan juga berputar pada porosnya atau berotasi. Waktu yang diperlukan Bulan untuk melakukan satu kali rotasi sama dengan waktu yang diperlukan Bulan untuk berevolusi mengelilingi Bumi. Dapat dikatakan bahwa periode rotasi bulan sama dengan periode revolusinya. Hal itu menyebabkan permukaan Bulan yang menghadap Bumi akan selalu terlihat sama. 

b. Revolusi Bulan 

    Mengelilingi Bumi Selain berputar pada porosnya, Bulan juga bergerak mengelilingi Bumi yang disebut revolusi bulan. Akibat revolusi, Bulan akan tampak berubah-ubah jika dilihat dari bumi, perubahan ini disebut fase bulan. Fase bulan dipengaruhi oleh posisi Bulan terhadap Bumi dan Matahari. 

c. Revolusi Bulan 

    Mengelilingi Matahari Selain berputar pada porosnya dan bergerak mengelilingi Bumi, Bulan juga bergerak mengelilingi Matahari. Karena Bulan merupakan satelit alami Bumi yang selalu bergerak mengiringi Bumi, ketika Bumi bergerak mengeliling Matahari, Bulan pun melakukan hal yang sama. Waktu yang diperlukan Bulan mengelilingi Matahari sama dengan waktu yang diperlukan Bumi mengelilingi Matahari. Dapat disimpulkan bahwa dalam 1 tahun, Bulan hanya satu kali bergerak mengelilingi Matahari dan dua belas kali bergerak mengelilingi Bumi. Hal inilah yang menyebabkan ada 12 bulan selama 1 tahun di dalam kalender. 

Manusia hanya dapat merasakan akibat yang ditimbulkan oleh gerakan Bulan, baik gerak rotasi maupun gerak revolusi. 

Berikut akibat-akibat gerak bulan. 

1. Adanya fase-fase bulan 

2. Terjadinya pasang surut air laut 

3. Terjadinya gerhana 

4. Permukaan Bulan yang terlihat dari Bumi selalu sama

Tari Gantar

Tari gantar merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari suku Dayak Benuaq dan Dayak Tunjung, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Tarian ini menggambarkan kegembiraan dan keramahtamaan suku Dayak dalam meyambut tamu yang berkunjung ke Kalimantan Timur. Tari gantar biasanya sering ditampilkan pada acara adat seperti festival budaya dan perayaan adat budaya Kalimantan Timur. Sanak dalam tarian ini adalah tongkat yang dipegang di tangan kiri. Kusak adalah bambu yang dipegang tangan kanan. Bambu yang digunakan diisi dengan biji-bijian agar suara yang dihasilkan terdengar nyaring. Dalam jenis tarian gantar, penari memainkan tongkat panjang dan menghentakkan kaki sambil memainkan suara bambu dengan cara diayunkan. Gerakan tari gantar sebagai berikut.

1. Gerakan Tangan Memegang Kusak dan Sanak

    a. Gerakan Memegang Kusak

            Keempat jari tangan yang memegang kusak, menggemgam dari bawah ke atas, sedangkan ibu jari melingkari kusak dari atas.

    b. Gerakan Memegang Sanak

            Keempat jari tangan memegang sanak, menggenggam dari sisi luar ibu jari menutup dari atas ujung tongkat.

2. Gerakan Kaki dan Berjalan

    Posisi awal kedua kaki sejajar. Sebelum melangkahkan kaki, ujung jari kaki menumpu atau menyentuh lantai baru melangkah. Gerakan ini dilakukan bergantian dengan melangkahkan kaki kanan, kiri, kanan, kiri dalam hitungan 1 sampai 4.

3. Gerakan Posisi Badan

    Posisi badan dilakukan seperti biasa, tidak ada penekanan posisi badan lainnya untuk ditonjolkan. Badan rileks melakukan tarian mengikuti iringan musik. Tari gantar tidak ditemukan adanaya ekspresi wajah sehingga mata, leher, dan kepala tidak berfungsi banyak.


Posting Komentar

0 Komentar