Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1

BDR Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1

Teks Nonfiksi

Dalam teks nonfiksi, gagasan utama adalah inti permasalahan dari suatu teks. Setiap paragraf memiliki satu gagasan utama. Beberapa gagasan utama paragraf dapat dijadikan dasar untuk menemukan pokok pikiran dari suatu teks. Gagasan utama dalam paragraf dapat ditemukan di awal, tengah, atau akhir paragraf. Membaca sekilas membantumu dalam menemukan gagasan utama.

Bacalah teks berikut!

Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam


sumber: beritasatu.com

    Memasuki musim hujan, terjadi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri banjir pun melanda di berbagai tempat. Berbagai faktor penyebab banjir berulang dari tahun ke tahun. Rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, penebangan liar, pembangunan permukiman tanpa mengindahkan topografi wilayah merupakan penyebab bencana tersebut. Pendangkalan dan penyempitan badan sungai membuat sungai meluap. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor alam. Namun, ada pula ulah manusia yang mempercepat terjadinya hal ini. Menjamurnya rumah di bantaran sungai, misalnya. Permasalahan ini sering terjadi di kota yang berpenduduk padat.

    Di sisi lain, penertiban permukiman liar di bantaran sungai juga menjadi kesulitan pemerintah daerah sepanjang waktu. Dari tahun ke tahun, warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, Jakarta harus selalu siaga ketika curah hujan mulai meninggi. Luapan sungai dapat terjadi hingga ketinggian 1-2 meter di dalam rumah. Bukan hanya barang yang harus di selamatkan, nyawa pun menjadi taruhannya. Sudah diperingatkan bahwa permukiman di bantaran sungai sangat berisiko ketika curah hujan tinggi. Namun, tetap saja mereka kembali ketika banjir telah surut. Tumbuhnya permukiman liar di bantaran sungai mendorong penyempitan badan sungai.

    Aktivitas harian warga, seperti mencuci dan membuang sampah di sungai juga makin mempercepat pendangkalan sungai. Di Manado, Sulawesi Utara, rawan banjir dan longsor justru terjadi akibat pembangunan kota yang tidak mengindahkan topografi. Sebagian besar wilayah Manado terdiri atas perbukitan, sementara wilayah daratan dengan permukaan datar sangat terbatas luasnya. Sejalan dengan bertambahnya penduduk, banyak bukit dan lereng kemudian diubah menjadi perumahan.


Penyebab Perbedaan dan Jenis Musim

Posisi Bumi saat melakukan revolusi Bumi adalah miring 23,5 derajat ke arah timur laut dari sumbu Bumi. Hal inilah yang menyebabkan daerah tropis hanya memiliki dua musim, yaitu musim penghujan dan kemarau, sedangkan daerah subtropis memiliki empat musim, yaitu musim panas, gugur, dingin, dan semi. 

1. Musim Semi

Sering disebut musim bunga, merupakan musim paling nyaman sepanjang tahun. Ciri-ciri antara lain, siang hari lebih panjang dari malam hari, hawa agak terasa panas, dan tumbuh-tumbuhan mekar kembali.

2. Musim Panas

Ciri-ciri antara lain, pepohonan banyak yang kering, pencemaran udara, air keruh, dan susah mendapat air. Musim panas terjadi setelah musim semi dan sebelum musim gugur.

3. Musim Gugur

Peralihan musim panas ke musim dingin. Ciri-ciri antara lain, daun-daun berguguran, bisa disebut musim panen, dan siang hari lebih pendek dari malam hari.

4. Musim Dingin

Disebut musim salju, musim paling dingin di Bumi. Ciri-ciri antara lain, udara sangat dingin (80% suhu dingin dan 20% suhu panas), sering terjadi aurora di langit, dan hewan beraktivitas di sarang.

5. Musim Kemarau

Musim di daerah tropis yang dipengaruhi oleh sistem muson. Curah hujan per bulan harus di bawah 60 mm per bulan selama tiga dasarian berturut-turut. Indonesia merupakan negara yang memiliki musim ini.

6. Musim Penghujan

Disebut musim basah, musim dimana meningkatkan curah hujan dalam jangka waktu tertentu dan bertahap. Secara meteorologi, musim hujan terjadi dalam tiga dasarian berturut-turut melebihi 100 mm per bulan. Apabila hal ini belum terpenuhi namun curah hujan telah tinggi kondisinya dianggap sebagai peralihan musim (pancaroba).

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:

Posting Komentar

0 Komentar