Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5

 BDR Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5

Manfaat Air bagi Manusia

Air adalah salah satu kebutuhan manusian yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Air membantu aktivitas kehidupan bagi semua makhluk hidup terutama manusia. Manusia dapat bertahan hidup berminggu-minggu dengan hanya mengonsumsi makanan. Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan air, tetapi tumbuhan, hewan, dan tanah sangat membutuhkan air dalam kehidupannya. Misalnya, tumbuhan memerlukan air untuk tetap tumbuh, hewan memerlukan air untuk membantu proses penyuburannya dan menjaga kelestariannya.

Air merupakan sumber daya alam yang terbarui melalui daur hidrologi. Namun, keberadaan air sangat bervariasi tergantung lokasi dan musim. Ketersediaan air di daerah tropis sangat besar dibandingkan dengan daerah lain, misalnya daerah gurun atau padang pasir. Air sangatlah bermanfaat bagi kehidupan sehingga ketersediaan air perlu diperhatikan. Kondisi sekarang ini sumber air sudah mulai bekurang akibat dampak kehidupan sosial. Di lingkungan masyarakat yang tidak mencintai lingkungan terjadi penebangan pohon secara liar sehingga menyebabkan berkurangnya sumber air.

Tarian Daerah di Indonesia

Setiap daerah di Indonesia umumnya mempunyai tarian daerah atau tarian adat. Tarian daerah di Indonesia bermacam-macam jenisnya. Tarian daerah ini biasanya dipentaskan dengan tujuan tertentu, misalnya untuk menyambut tamu agung dan mengisi upacara keagamaan. Contoh, tari gambyong dari Jawa Tengah dipentaskan untuk menyambut tamu yang hadir pada acara resepsi pernikahan.

Setiap daerah memiliki ciri khusus pola lantai gerak tari. Tari baris massal merupakan bentuk karya seni tari kelompok dari Bali. Pola lantai tari baris massal berbentuk segitiga. Selama meregakannya, posisi para penari selalu berubah-ubah membuat berbagai macam bentuk.

Penyajian tari lebih lengkap dengan iringan. Iringan tari merupakan salah satu unsur pertunjukkan tari. Ada iringan tari yang berasal dari tubuh manusia. Ada juga iringan tari yang berasal dari berbagai alat musik benda yang dimainkan.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:

Posting Komentar

0 Komentar