Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4

BDR Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4

Mementaskan Drama


sumber: okezone celebrity

Drama merupakan dialog berisi cerita kehidupan sehari-hari antartokoh. Drama dapat dipertunjukkan dalam berbagai bentuk, seperti pementasan teater, sandiwara, lenong, film, dan sinetron. Semua drama tersebut tercipta dari dialog-dialog yang diperankan oleh pemain-pemain dengan didukung latar yang sesuai. Untuk bisa menghasilkan drama yang bagus, para pemain harus berhasil dalam memerankan tokoh drama tersebut dengan karakter yang sesuai.

Dalam pertunjukkan drama terdapat dua karakter yang menonjol, yaitu karakter protagonis (pemeran sifat baik), dan antagonis (pemeran sifat buruk).

Corak Kehidupan Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Berdasarkan corak kehidupan masyarakat, kegiatan ekonomi dibagi dua sebagai berikut.

1. Kehidupan Ekonomi Masyarakat Tradisional

Pada masyarakat tradisional, mata pencaharian penduduknya sangatlah tidak menentu. Hal ini karena kehidupan tradisional belum banyak mengenal adanya spesialisasi kerja atau pembagian kerja. Hal ini berpengaruh terhadap penghasilan yang tidak tetap. Taraf hidupnya pun masih kurang. Maat pencaharian juga sangat bergantung pada kondisi alam tempat tinggalnya, misalnya nelayan dan petani.

2. Kehidupan Ekonomi Masyarakat Modern

Masyarakat modern sebagian besar bekerja pada sektor industri. Dalam masyarakat ini pun sudah ada spesialisasi atau pembagia kerja. Selain itu, dalam kehidupan modern juga dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan iptek sehingga dapat menunjang pembangunan negara. Kehidupan modern menuntut penggunaan teknologi-teknologi modern dalam kegiatan ekonomi. Oleh karena itu, kehidupan modern lebih banyak menggunakan tenaga mesin daripada menggunakan tenaga manusia dalam kegiatan ekonomi. Taraf kehidupan masyarakatnya pun cukup tinggi. Mata pencaharian pada kehidupan bercorak modern, antara lain pegawai, dokter, arsitek, dan teknisi mesin.

Keragaman Karakteristik Individu

Adanya keragaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi penduduk Indonesia menunjukkan adanya perbedaan karakteristik individu dalam masyarakat. Adanya karakteristik individu dalam masyarakat sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak manfaat lain adanya keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam kegiatan ekonomi. Contohnya sebagai berikut.

1. Menumbuhkan Sikap Nasionalisme 

Sikap nasionalisme dalam diri setiap individu dapat tumbuh dengan adanya rasa cinta tanah air. Rasa cinta tanah air tecermin dari sikap mau menerima keragaman karakteristik individu dalam masyarakat sebagai kekayaan khazanah budaya bangsa Indonesia. Dengan demikian, masyarakat akan senantiasa menjaga keragaman karakteristik individu dalam masyarakat, bukan menghilangkan keragaman tersebut. 

2. Menciptakan Identitas Bangsa di Mata Internasional 

Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia telah dikenal bangsa-bangsa dunia sebagai identitas diri bangsa Indonesia. Indonesia dikenal sebagai bangsa yang beragam karakteristik masyarakatnya, tetapi bisa bersatu dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

3. Alat Pemersatu Bangsa 

Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia pada hakikatnya menjadi alat pemersatu bangsa, bukan sebagai pemecah persatuan dan kesatuan bangsa. Kunci sukses mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam keragaman yaitu memegang teguh semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. 

4. Sebagai Ikon Pariwisata 

Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia akan memperkaya khazanah budaya bangsa. Kekayaan khazanah budaya masyarakat Indonesia yang beragam memberikan nilai keunikan dan keindahan tersendiri sehingga mampu menarik wisatawan manc negara untuk mengetahui dan mempelajari keragaman budaya Indonesia. 

5. Menambah Pendapatan Nasional 

Dengan menjadi simbol pariwisata, otomatis akan menambah devisa atau pendapatan negara. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke tempattempat pariwisata Indonesia. 6. Memupuk Sikap Toleransi Adanya keragaman karakteristik masyarakat Indonesia menuntut sikap toleransi yang tinggi dari segenap masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sikap toleransi antarmasyarakat dapat ditunjukkan dengan sikap saling menghormati perbedaan yang ada, tolong-menolong tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada, dan menjunjung tinggi kepentingan bersama daripada kepentingan individu atau kelompok.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:

Posting Komentar

0 Komentar