Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3

BDR Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3

Tokoh dan Penokohan

Tokoh dalam cerita memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini karena tokoh dapat membuat suatu cerita kebih hidup dan menarik seolah-olah terjadi di alam nyata. Tokoh cerita adalah individu rekaan yang mengalami berbagai peristiwa atau perlakuan dalam prosa. Jika dalam novel, tokoh yang digambarkan berwujud manusia rekaan. Setiap tokoh memiliki watak yang berbeda-beda. Watak ini menunjukkan kualitas tokoh, baik itu kualitas nalar maupun jiwanya. Keduanya berfungsi untuk membedakan antara tokoh yang satu dengan tokoh lainnya. Akan tetapi, ada kalanya pengarang mengisahkan sifat-sifat tokoh, pikiran, dan perasaannya dengan menyisipkan pernyataan-pernyataan dialog antartokoh. Dan penggambaran watak tokoh oleh pengarang tersebut, pembaca setidaknya dapat menafsirkan sifat-sifat tokoh.

Penokohan adalah penyajian watak tokoh dan penciptaan citra tokoh. Ada dua metode penyajian watak tokoh sebagai berikut.

1. Metode analitis/ langsung/ diskursif, yaitu penyajian watak tokoh dengan cara memaparkan watak tokoh secara langsung.

2. Metode dramatik/ tidak langsung/ ragaan, yaitu penyajian watak tokoh melalui pemikiran, percakapan, dan lakuan tokoh yang disajikan pengarang. Bahkan dapat pula dari penampilan fisiknya serta dari gambaran lingkungan atau tempat tokoh.

Karakteristik Masyarakat Indonesia

Karakteristik adalah karakter dan gaya hidup seseorang serta nilai-nilai yang berkembang secara teratur sehingga tingkah laku menjadi lebih konsisten dan mudah diperhatikan. Karakteristik juga berarti ciri atau karakter secara alamiah yang melekat pada diri seseorang. Jadi, karakteristik individu adalah ciri atau karakter yang melekat pada diri individu. Karakteristik individu dalam masyarakat Indonesia beragam jenisnya di antaranya fisik, jenis kegemaran, pekerjaan, ras, suku, pengetahuan, serta agama atau kepercayaan. 

Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia bukan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia juga bukan sumber timbulnya konflik atau masalah. Sebaliknya, keragaman karakteristik masyarakat Indonesia merupakan kekayaan khazanah budaya bangsa yang dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan Indonesia. 

Banyak manfaat atas keragaman karakteristik masyarakat Indonesia.Beberapa manfaat yang dimaksud sebagai berikut. 

    1. Dapat belajar saling menghargai karakter setiap individu. 

    2. Belajar bersosialisasi. 

    3. Belajar toleransi. 

    4. Saling melengkapi sesama individu. 

    5. Hidup rukun dalam masyarakat.

Keberagaman Jenis Pekerjaan

Pekerjaan merupakan salah satu bentuk kegiatan ekonomi. Ingatkah kamu yang dimaksud kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada dasarnya manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jadi, pekerjaan merupakan salah satu bentuk kegiatan ekonomi. 

Pada dasarnya, pekerjaan dibedakan menjadi dua sebagai berikut. 

1. Pekerjaan yang Menghasilkan Barang 



sumber: loker seni

Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan suatu barang yang bisa dipergunakan oleh seseorang. Contohnya petani (menghasilkan padi dan jagung), nelayan (menghasilkan ikan), peternak (menghasilkan daging, susu, dan woll), penjual kue, dan perajin. 

2. Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa 


sumber: batam news

Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah pekerjaan yang hasilnya bukan berupa barang, tetapi hasil pekerjaannya dapat dinikmati dan dirasakan orang lain. Contohnya guru, dokter, perawat, tukang potong rambut, polisi, tentara, dan seniman. Jenis pekerjaan jasa ini dibutuhkan masyarakat luas, terutama di bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, layanan transportasi, ketertiban dan keamanan, serta pariwisata. Oleh karena itu, pekerjaan yang menghasilkan jasa disebut sebagai pekerjaan yang berkaitan dengan sosial budaya.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:

Posting Komentar

0 Komentar