Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

 BDR Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

Kota Tangerang

    Tangerang merupakan kota unik dilihat dari kegiatan ekonominya. Kegiatan ekonomi masyarakat dapat dilihat dari hadirnya pasar tradisional yang terletak di Jalan Kisamun pusat Kota Tangerang hingga berdirinya banyak pabrik di Tangerang. 

    Tangerang dijuluki kota 1000 industri karena merupakan pusat industri di Pulau Jawa. Di Tangerang berdiri lebih dari 1000 pabrik. Banyak perusahan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di kota ini. Selain keunikan pada kegiatan ekonomi, Tangerang memiliki keunikan dari bangunan-bangunan lama yang masih berdiri sampai sekarang. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Memahami Kegiatan Industri

Salah satu bidang kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia adalah kegiatan industri. Apa itu kegiatan industri? Untuk memahaminya, pelajari materi berikut.

Kegiatan Industri

    Kegiatan industri merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan manusia untuk bisa memenuhi kebutuhan manusia. Kegiatan industri adlah kegiatan mengelola barang setengah jadi menjadi barang jadi. Di era modern ini masayarakat banyak beralih dari bekerja di bidang pertanian menjadi bidang industri. Kegiatan industri banyk dijumpai di daerah dataran rendah terutama di wilayah perkotaan. Hal ini karena jumlah tenaga kerja yang tersedia di dataran rendah cukup banyak. 

    Selain itu, di dataran rendah juga memiliki sarana prasarana yang dibutuhkan oleh suatu industri. Sarana dan prasarana tersebut, meliputi jaringan jalan, jaringan listrik, dan telekomunikasi. Sarana dan prasarana tersebut dapat mendukung kegiatan suatu industri. Adapun industri yang berada di daerah dataran rendah, antara lain industri makanan kecil, industri elektronik, dan industri tekstil.

Toleransi dalam Keberagamaan

Toleransi berasal dari bahasa Latin, "tolerance" yang artinya dengan sabar membiarkan sesuatu. Secara bahasa, toleransi berarti sifat atau sikap menenggang (menghargai), pendirian (pendapat, kebiasaan), yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri. Jadi, sikap toleransi berati sikap yang rela menerima dan menghargai perbedaan dengan orang atau kelompok lain.

Keberagaman yang ada dalam masyarakat Indonesia bisa menjadi sumber perpecahan jika tidak ada rasa saling toleransi. Hal ini karena keragaman masayarakat Indonesia merupakan kekayaan bangsa yang harus kita pertahankan demi kepentingan persatuan dan kesatuan bangsa.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:

Posting Komentar

0 Komentar