Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4

BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4

Hal yang Diperhatikan Dalam Awal Berenang


sumber: wijaya swimming club

Renang merupakan aktivitas yang sangat baik untuk tubuh. Pada saat berenang semua otot dan anggota tubuh ikut bergerak. Oleh karena itu, manfaat renang dapat dirasakan oleh seluruh tubuh. Berenang juga dapat menjadi aktivitas yang berbahaya jika tidak ditemani oleh orang yang sudah mahir. Bahaya yang mengancam saat berenang adalah tenggelam. Kamu dapat mengurangi bahaya tersebut dengan melakukan hal-hal berikut.

1. Pemanasan sebelum berenang.

2. Berenang di kolam yang dangkal.

3. Memakai pelampung.

4. Berenang dengan pengawas atau pelatih.


Kamu telah dapat membuat ringkasan dari suatu bacaan. Dalam membuat ringkasan kita harus memperhatikan urutan dan rumusan yang asli dari pengarangnya.

Bacalah teks berikut!

Alat Komunikasi Tulisan

Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan. Ada surat yang ditulis pada daun lontar. 

Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat akan dikirimkan oleh petugas pos dalam waktu tertentu. Waktu penyampaian surat tergantung pada jarak tujuan dan biaya pengiriman. Biasanya sekitar 3 hari sampai 1 minggu. 

Pada abad 21, mulai dikenal surat elektronik atau surel. Surel dikirim melalui jaringan internet dengan alat bantu komputer. Melalui surel, pesan dapat diterima di tempat tujuan sesaat setelah dikirim. Tentu saja, hal tersebut sangat membantu komunikasi.

Kini, surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat. Melalui telepon seluler, kita dapat berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan singkat (SMS). Bahkan, saat ini, kita dapat saling berkirim data penting melalui ponsel dengan berbagai pilihan aplikasi.

Pengamalan Sila Ke Empat Pancasila

Kemampuan dan keterampilan setiap orang berbeda-beda. Namun, perbedaan tidak menghalangi kita untuk bekerja sama. Dengan adanya perbedaan, kita tetap dapat saling membantu. 

Selain itu, kita dapat saling melengkapi. Hal tersebut dinamakan kolaborasi. Menurut kamus KKBI, kolaborasi artinya perbuatan bekerja sama. 

Kerja sama merupakan pengamalan sila keempat Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:

Posting Komentar

0 Komentar