Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3

BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3

Mengenal Ringkasan

Ringkasan adalah penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif. Apakah kamu masih ingat bagaimana cara menyusun ringkasan? Ringkasan dapat disusun dengan mengumpulkan kalimat utama setiap paragraf.

Bacalah teks berikut!

Sejarah Penggunaan Telepon

Telepon digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Manusia sudah mengenal surat dan telegraf sebelum ditemukannya telepon. 

Namun, surat memerlukan waktu berhari-hari dalam menyampaikan pesan. Selain itu, komunikasi dilakukan secara tertulis. 

Telepon muncul pertama kali pada tahun 1800- an. Berdasarkan hasil penelitian tentang gelombang bunyi, Alexander Graham Bell menciptakan telepon. Pada uji coba pertama kali, daya jangkau telepon sekitar 8 mil. 

Selanjutnya, ada satelit telepon. Oleh karena itu, daya jangkau telepon semakin luas. Komunikasi dapat dilakukan antarnegara. 

Sekarang, jaringan telepon bergerak melalui satelit. Kita dapat berkomunikasi di mana saja dengan menggunakan telepon genggam atau ponsel.

Langkah-langkah membuat "telepon kaleng" berikut!

1. Alat dan bahan.

2. Minta bantuan orang dewasa untuk melubangi kaleng.

3. Masukkan tali ke dalam lubang. Buat simpul ujung tali.


4. Telepon kaleng siap digunakan.


Menghitung Keliling Persegi

Ratna dan Tono ingin membuat gambar hiasan untuk telepon mainan mereka. Mereka mengukur pemukaan kardus sabun untuk mengetahui kelilingnya. Kardus sabun berbentuk bangun datar persegi. Keliling bangun datar adalah hasil penjumlahan semua panjang sisi-sisi bangun datar tersebut.

Perhatikanlah bangun datar persegi ABCD berikut!

Persegi di atas mempunyai empat sisi, yaitu sisi B, BC, CD, AD. Cara menghitung keliling persegi tersebut dengan cara menjumlahkan panjang sisi-sisinya.

Keliling persegi ABCD = sisi AB + sisi BC + sisi CD + sisi AD.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:


Posting Komentar

0 Komentar