Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3

BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3

Kain Adat Tradisional Indonesia

Kain Adat Tradisional dibuat dengan alat tenun bukan mesin. Kain adat mempunyai fungsi di masyarakat. Akan tetapi, kain adat di setiap daerah khususnya di setiap suku memiliki kegunaan khusus. Secara umum kain adat digunakan unruk bahan pakaian sehari-hari. Kain adat juga dipakai sebagai busana dalam tari adat dan upacara adat.

Kain tradisional dari berbagai daerah di Indonesia telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Salah satu contoh kain dari Kalimantan. Kain ini langka karena pohon yang kulitnya dihunakan untuk membuat kain tersebut sudah langka, akibat hutan yang rusak. Berikut beberapa kain di Indonesia.

1. Songket


sumber: wikipedia

Songket berasal dari Melayu, dan banyak ditemukan di Sumatra. Songket dibuat dengan benang emas dan perak. Contohnya songket Minangkabau, songket Jambi, dan songket Palembang.

2. Tenun


sumber: good news from indonesia

Tenun dibuat dengan cara menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Waktu pembuatan tenun bisa mencapai berminggu, atau berbulan bulan, tergantung ukurannya Contohnya tenun ikat Timor, tenun ikat Troso, tenun ikat Lombok, tenun ikat Sumbawa.

3 . Lurik


sumber: good news from indonesia

Lurik bermotif garis dan merupakan pakaian khas suku Jawa. Bahan lurik dari kain katun. Umumnya berwarna cerah. DI Jawa Tengah lurik diproduksi di Pedan, Klaten, Jawa Tengah.


Simetri Lipat

Simetri lipat adalah banyaknya cara melipat suatu bangun datar hingga diperoleh dua bagian sama besar. 

1. Persegi memiliki 4 simetri lipat. Garis putus-putus pada gambar merupakan sumbu simetri dari persegi.


2. Persegi panjang memiliki 4 simetri lipat. Garis putus-putus pada gambar merupakan sumbu simetri dari persegi panjang.


3. Segitiga sama kaki memiliki 1 simetri lipat. Garis putus-putus pada gambar merupakan sumbu simetri dari Segitiga sama kaki.


4. Segitiga sama sisi memiliki 3 simetri lipat. Garis putus-putus pada gambar merupakan sumbu simetri dari Segitiga sama sisi.

5. Lingkaran memiliki simetri lipat tak terhingga. Berarti lingkaran mempunyai tak hingga sumbu simetri.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:





Posting Komentar

0 Komentar