Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2

BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2

Mengolah Bahan Dasar Pakaian

Indonesia kaya akan bahan dasar pakaian. Ada serat alami yang berasal dari kapas, daun, kayu, batang pohon, kepompong ulat sutra, dan bulu domba. Ada juga bahan dasar berupa serat buatan seperti nilon. 

Dahulu, bahan dasar pakaian diolah dengan cara sederhana. Daun dijemur hingga kering. Kayu dipukul-pukul hingga tipis. Kulit hewan direndam dan dikeringkan. Semua diolah menjadi pakaian. 

Saat ini, bahan dasar pakaian diolah dengan cara modern. Bahan dasar diolah menjadi serat. Serat dipintal menjadi benang. Lalu, benang ditenun menjadi kain. Semua itu dilakukan dengan mesin yang canggih.


Cara mengolah kain menjadi pakaian juga semakin maju. Mulanya kain dijahit dengan tangan. Kemudian, kain dijahit dengan mesin jahit yang digerakkan kaki. Saat ini kain dijahit dengan mesin jahit modern.

 

Pembuatan pakaian berkembang dengan cepat. Bahan dasar yang digunakan semakin banyak. Mesin-mesin yang mengolah bahan dasar juga bertambah canggih. Pakaian yang dihasilkan semakin beragam. Bersyukurlah kepada Tuhan karena kita memiliki pakaian. 

Jenis Pekerjaan dalam Proses Membuat Pakaian

Meluncur dalam Air

Meluncur adalah posisi dengan tubuh berada di atas permukaan air. Saat meluncur, tubuh bergerak lurus ke depan. Gerak dasar meluncur berguna untuk melatih keseimbangan tubuh di air. Selain itu, meluncur adalah syarat untuk dapat berenang dengan baik.

Apa yang dilakukan saat meluncur? 

1. Berdiri di dekat dinding kolam dengan sikap membelakangi dinding kolam. Salah satu kaki menempel pada dinding untuk melakukan tolakan.

2. Kedua lengan lurus ke atas, di samping telinga dengan ibu jari saling berkaitan. 

3. Ambil napas dalam-dalam, condongkan tubuh ke depan. Usahakan agar ujung jari tangan yang lebih dahulu masuk ke dalam air. 

4. Tolakkan kaki yang menempel pada dinding kolam sampai tubuh terdorong ke depan. 

5. Kepala berada di antara lengan saat di dalam air, posisi tubuh di atas permukaan air. 

6. Saat meluncur, tubuh bergerak lurus ke depan. Biarkan sampai ia berhenti melaju.

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:

Posting Komentar

0 Komentar