Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1

BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1

Kalimat Utama

Kalimat utama biasanya bersifat umum dan memuat keseluruhan isi dalam suatu paragraf. Kalimat utama disebut juga kalimat topik. Hal itulah yang menyebabkan kalimat utama menjadi acuan pengembangan paragraf.

Bacalah teks berikut!

Bahan Dasar Pakaian

    Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.

    Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka gunakan untuk berbagai keadaan.

    Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian jumlahnya terbatas. Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tuhan menyukai orang-orang yang menjaga apa yang dimiliki.


Simetri Lipat

Simetri lipat yaitu garis yang membagi dua bangun datar dan saling menutupi. 

Amati bagan berikut.

Ada dua cara melipat bangun persegi panjang sehingga dapat berimpit dengan tepat.

Oleh karena itu, persegi panjang dikatakan memiliki dua simetri lipat.


Gerakan Membuat Kain 

1. Gerakan memintal kapas

Posisi duduk, lutut kanan menekuk ke atas. Tangan kanan melakukan gerakan memutar ke arah depan. Tangan kiri bergerak ke samping kiri. 8 × 1 hitungan.

2. Gerakan menenun 1

Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergerak lembut ke kanan atas dan bawah, lalu ke kiri atas dan bawah. Kepala bergerak mengikuti arah tangan. 8 × 1 hitungan.

3. Gerakan menenun 2

Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergerak kuat ke arah jari kaki, lalu bergerak lembut ke arah perut. Badan membungkuk saat tangan ke depan dan tegak saat tangan bergerak ke arah perut. 8 × 1 hitungan.

4. Gerakan mejemur

Posisi berdiri. Kedua tangan bergerak kuat ke kanan atas, lalu bergerak lembut ke kiri bawah. Lakukan berganti arah. Kepala bergerak mengikuti arah gerakan tangan. 8 × 1 hitungan

LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

Sebarkan link:


Posting Komentar

0 Komentar