Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6

 Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6

A. Penerapan Nilai-Nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan dalam Masyarakat

Nilai nilai ketuhanan sesuai dengan sila pertama Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Sesuai dengan sila ini, setiap warga berhak untuk menganut agama dan kepercayaan serta beribadah sesuai dengan agam dab kepercayaan tersebut.

Sesuai dengan sila ini, kita harus mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan cara saling toleransi terhadap penganut agama lain. Selain itu, kita juga harus menjalin kerja sama baik antar pemeluk agama, misalnya dalam kerja bakti.

Adapun nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan sila kedua Pancasila yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Sesuai dengan sila ini, seluruh warga negara diakui dan diperlakukan sama sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Artinya kita mempunyai derajat sama dimata hukum, serta memiliki hak dan kewajiban yang sama. Contoh hanya dalam bermasayarakat adalah saling menghormati hak dan kewajiban, tenggang rasa, dan saling tolong menolong.

Bacalah bacaan berikut!

Sumber: ayojogja.com

Komandan Damkar Meninggal saat Menyelamatkan Anak Buahnya

Petugas pemadam kebakaran (damkar) bertaruh nyawa saat memadamkan api. Tak sedikit dari mereka yang meninggal saat berusaha memadamkan api. Seorang petugas pemadam kebakaran bernama Pak Saiful mengenang komandannya yang meninggal saat memadamkan kebakaran di Blok M sekitar tahun 2005. Komandannya yang bernama Pak Subandi tersebut, saat itu terjebak kobaran api dan tidak dapat keluar. Selang air yang dibawa Pak Subandi terputus. 

“Pak Subandi sempat melemparkan topi keluar sebagai kode bahwa dia sedang dalam bahaya. Namun, tiba-tiba api meledak dan mengenai tubuhnya,” ungkap Pak Saiful. Pak Saiful menceritakan bahwa Pak Subandi merupakan seorang pemimpin yang sangat peduli dengan anak buahnya. Meninggalnya Pak Subandi di lokasi kebakaran itu pun karena dia berusaha menyelamatkan tim pemadam yang sedang terjebak di dalam gedung yang sedang terbakar.

Petugas pemadam kebakaran yang telah rela berkorban tersebut saat itu menjabat sebagai Kepala Sektor Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan. Pengorbanan Pak Subandi menjadi pelajaran dan motivasi untuk membangun semangat anak buahnya dalam menjalankan tugas.

Pak Suhada, seorang petugas pemadam kebakaran yang telah 30 tahun bertugas juga menceritakan pengalamannya. Banyak kejadian kritis yang sudah dia lewati selama menjalankan tugas.

“Kalau sudah di depan api, saya sering berpikir jangan-jangan hari ini saya mati. Tetapi alhamdulillah saya masih dikasih kesempatan hidup. Yang penting kita tulus menjalani tugas. Jangan banyak mengeluh,” kata Pak Suhada.

Pak Suhada menceritakan kalau kaki kirinya pernah melepuh terkena air panas saat memadamkan kebakaran di sebuah permukiman. Pak Suhada juga pernah terkena setrum dan runtuhan atap rumah. Kondisi saat kebakaran sangat riuh. Sering pemadam tidak sempat memeriksa kabelkabel listrik yang berserakan. Maka, risiko tersetrum pun harus dia hadapi.
 

B. Tangga Nada Diatonis Minor

Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1-1/2-1-1-1-1/2-1. Tangga nada daitonis minor ada bermacam-macam, salah satunya adalah diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah.

Perhatikan contoh urutan.


Ciri-ciri tangga nada diatonis minor adalah:

1. Lagu bersifat sedih
2. Lagu kurang semangat
3. Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun, tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).
4. Contoh lagu Ayam Den Lapeh dan Bungong Jeumpa 

LATIHAN SOAL Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 --> KLIK DISINI



 

Posting Komentar

0 Komentar