Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1

 Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1

A. Nilai-Nilai Persatuan dan Kesatuan serta Nilai-Nilai Keadilan pada Bacaan tentang Kepemimpinan

1. Nilai -Nilai Persatuan dan Kesatuan

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata "satu" yang berarti untuk dan tidak terpecah belah. Persatuan mengandung makna terkaitnya beberapa bagian menjadi satu kesatuan. Adapun kesatuan berarti keadaan yang merupakan satu keutuhan. Persatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. Persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia.

Konsep kesatuan yang kita anut meliputi aspek alamiah (konsep kewilayahan) dan aspek sosial (politik, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan, dan keamanan). Kesatuan wilayah meliputi darat, laut, dan udara. Kebulatan ini sesuai dengan politik kewilayahan yang kita anut yaitu Wawasan Nusantara. Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri serta lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pelaksanaan Wawasan Nusantara mengedepankan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Perbedaan dipandang sebagai kekayaan bangsa dan wilayah Indonesia dipandang sebagai kesatuan wilayah.

Alat pemersatu bangsa sebagai berikut.

a. bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia

b. bendera negara yaitu Sang Merah Putih

c. lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya

d. lambang negara yaitu Garuda Pancasila

e. dasar negara yaitu Pancasila

Adapun manfaat persatuan dan kesatuan seabagai berikut.

a. Memperkuat jati diri Negara Kesatuan Republik Indonesia.

b. Memperkuat ketahuan nasional dalam mengatasi segala ancaman dan gangguan dalam bernegara.

c. Memudahkan mencapai tujuan nasional, yaitu tujuan nasional yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

d. Menciptakan suasana yang tentram, aman, dan damai karena semua orang menunjukkan sikap setia kawan, toleran, dan solidaritas dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Nilai-Nilai Keadilan

Adil artinya meletakkan sesuatu pada tempatnya, maksudnya tidak memihak antara satu dan yang lainnya. Nilai-nilai keadilan yang harus terwujud dalam hidup bersama meliputi sebagai berikut.

a. Keadilan distribusi yaitu suatu hubungan keadilan dari negara terhadap warganya, dalam arti pihak negaralah yang wajib. memenuhi keadilan dalam bentuk keadilan membagi kesejahteraan, bantuan, subsidi, serta kesempatan dalam hidup bersama yang didasarkan atas hak dan kewajiban.

b. Keadilan legal yaitu hubungan keadilan dari warga negara terhadap negaranya, dalam arti pihak warga negaralah yang wajib memenuhi keadilan dalam bentuk menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam negara.

c. Keadilan komutatif yaitu suatu hubungan keadilan antara warga negara yang satu dan lainnya secara timbal balik.

B. Menyusun Konsep Isi Pidato

Pidato merupakan proses menyampaikan sebuah maksud agar diketahui orang lain yang dilakukan secara lisan dengan bahasa yang baku dan runtut. Sebelum berpidato banyak persiapan yang dilakukan agar dapat berjalan lancara nantinya. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyusun naskah pidato. Berikut persiapan-persiapan sebelum menyusul naskah pidato.

1. Menentukan tema.

2. Mendaftar pokok-pokok pidato

3. Menyusun kerangka pidato. Teridiri dari:

    a. pendahuluan, berisi salam pembuka, ucapan syukur, dan ucapan terima kasih

    b. isi, berisi permasalahan atau materi yang disampaikan

    c. penutup, berisi kesimpulan, harapan, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup.

4. Menyusun kerangka pidato. Nakah pidato sebaiknya disusun menggunakan bahasa baku karena biasanya disampaikan dalam situasi formal.

LATIHAN SOAL Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 --> KLIK DISINI


Posting Komentar

0 Komentar