Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4

 Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4

A. Cara Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi pada Masa Pubertas

Berikut cara-cara menjaga kebersihan dan kesehatan alat reproduksi. 

1. Biasakan mengenakan pakaian dalam dari katun. Katun bersifat menyerap keringat sehingga kita terhindar dari kelembapan. Kelembaban pada lipatan kulit dapat menyebabkan tumbuhnya jamur kulit. Gantilah pakaian dalam setiap kali habis mandi atau setiap saat kamu merasa lembap pada pakaian dalammu.

2. Bilaslah setiap kali habis buang air kecil. Gunakan air bersih. Setelah dibasuh, keringkan dengan handuk atau tisu. 3. Bagi remaja putri yang sedang menstruasi, gunakan pembalut yang lembut. Gantilah pembalut setiap kali pembalut yang kamu pakai terasa lembap. Gantilah minimal empat kali sehari

3. Jika sedang mengalami menstruasi, hendaknya mengganti dengan pembalut yang bersih dan kering setiap beberapa jam sekali.

4. Minumlah air putih lebih banyakd dan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Saat menstruasi, banyak zat besi hilang dari tubuh kita melalui darah menstruasi.

5. Berolahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran tubuh.

B. Contoh Teks Pidato


sumber: yuksinau

Cermatilah teks pidato berikut!

”Selamat pagi Bapak, Ibu, dan teman-teman semua. Hari ini, kita akan saling berbagi cerita dan pengalaman tentang persatuan. Saya akan menyampaikan kisah saya mengenai persatuan, lalu saya akan belajar dari kisah teman-teman.”

“Menurut saya, persatuan itu sangat penting, karena dengan bersatu tugas-tugas yang harus kita kerjakan akan menjadi lebih mudah. Dengan adanya persatuan pula kita dapat belajar dari perbedaan-perbedaan yang ada.

“Saya telah mengalami dan merasakan sendiri betapa bergunanya persatuan. Sekolah saya adalah sekolah yang murid maupun gurunya berasal dari daerah yang berbeda-beda. Beberapa teman saya adalah anak dari Indonesia Timur. Bahkan kepala sekolah saya, Pak Welly juga berasal dari sana. Kami tidak pernah membeda-bedakan suku, ras, budaya, dan lainnya. Kami selalu mendukung satu sama lain. Walaupun berasal dari Indonesia Timur, Pak Welly tidak hanya mementingkan murid-muridnya yang berasal dari timur. Pak Welly tidak ragu untuk juga mempercayai kemampuan murid-muridnya yang berasal dari tanah Jawa untuk maju. Saya juga belajar banyak dari budaya teman-teman saya yang sangat beragam."

“Bagi sekolah di pelosok kabupaten, bukan hal yang mudah untuk mengirim saya ke sini, karena sekolah kami tidak memiliki cukup biaya. Kepala sekolah kami memiliki cara yang cerdik untuk mengumpulkan dana. Ia meminta bantuan kepada saya dan teman-teman untuk melelang pisang di halaman sekolah. Para pembelinya merupakan pejabat-pejabat di daerah. Pak Bupati, Pak Camat, Pak Lurah, bahkan Ketua RW dan Ketua RT hadir mendukung. Meskipun hanya saya yang datang ke sini, namun di belakang saya semua ikut berpartisipasi. Itulah mengapa saya sudah merasakan bahwa persatuan sangat penting dan berguna.”

“Itulah pengalaman saya tentang persatuan. Bagaimana cerita temanteman? Saya juga ingin mendengar dan belajar dari cerita kalian. Terima kasih.” 

C. Peran Indonesia dalam Bidang Sosial Budaya di ASEAN

sumber: ASEAN

Kerja sama dalam bidang sosial budaya dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup dengan melibatkan partisipasi aktif dari semua kalangan terutama perempuan, pemuda, dan masyarakat lokal. Kerja sama dalam bidang sosial budaya negara-negara ASEAN ditandai dengan pembentukan komunitas sosial budaya negara-negara ASEAN (ASEAN Socio-Cultural Community/ ASCC). ASCC  (ASEAN Socio-Cultural Community) bertujuan meningkatkan interaksi antaarrakyat negara-negara ASEAN melalui berbagai kerja sama dalam bidang sosial budaya sehingga akan membawa ASEAN lebih dekat dengan masyarakat. Komunitas ini memiliki empat bagian utama sebagai berikut:

1. Mengelola dampak-dampak sosial dari integral ekonomi.

2. Membetuk masayrakat yang lebih peduli dan berbagi untuk mengatasi isu-isu kemiskinan, keadilan, dan pengembangan sumber daya alam.

3. Meingkatkan perlindungan lingkungan.

4. Memperkuat dasar-dasar bagi ikatan sosial kawasan.

LATIHAN SOAL Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 --> KLIK DISINI

Posting Komentar

0 Komentar