Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1

 Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1

A. Informasi Baru, Kata Sulit, dan Gagasan Pokok yang Termuat dalam Teks Bacaan

Sebuah teks bacaan biasanya memuat sebuah informasi. Informasi yang didapat terkadang mengandung kata- kata baru bagi kalian. Arti kata baru/ sulit dapat kalian temukan dalam kamus. 

Bacaan biasanya terdiri dari beberapa paragraf. Satu paragraf  memiliki satu pikiran utama atau gagasan pokok. Gagasan utama atau pokok adalah gagasan yang menjadi dasar dalam paragraf. Teks biasanya memuat satu tema tertentu, misalnya hiburan, peristiwa, perdagangan, kesehatan, dll. Tema adalah gagasan utama yang mendasari sebuah cerita atau bacaan.


Bacalah teks bacaan tersebut!

Urang Kanekes, Si Suku Baduy

Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian barat. Provinsi Banten memiliki kekayaan alam dengan pemandangan indah, termasuk pegunungan dan pantai. Di pegunungan Kendeng dengan ketinggian 600 m dari permukaan air laut, tinggal masyarakat adat yang biasa kita sebut suku Baduy. Namun, masyarakat suku Baduy lebih senang menyebut diri mereka urang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang. 

Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping. Kelompok tangtu dikenal sebagai Kanekes Dalam atau Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok panamping dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy Luar. 


sumber: gurupendidikan.co.id

Kelompok Kanekes Dalam atau Baduy Dalam tinggal di tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Mereka tidak menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang ditenun dan dijahit sendiri. Mereka menganut kepercayaan tradisional “sunda wiwitan” dan dipimpin oleh seorang Pu’un. Pu’un juga berkedudukan sebagai pemimpin masyarakat Kanekes.

Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy Luar telah mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan pakaian modern. Namun, masyarakat Baduy Luar masih bisa dikenali dari ciri khas mereka, yaitu mengenakan ikat kepala berwarna hitam. 

B. Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Bohlam dapat menyala karena ada aliran listrik. Arus listrik mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Saat arus listrik melewati bohlam, maka bohlam akan menyala. Menyalakan atau meatikan lampu dilakukan dengan cara menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar kita bisa mengetahui adanya listrik dinamis. Pada listrik dinamis terdapat muatan listrik. Lstrik dinamis adalah listrik yang bisa bergerak atau mengalir dalam rangkaian listrik. Arus listriknya merupakan aliran muatan listrik yang umumnya melewati kawat penghantar tiap satuan waktu.

Selain listrik dinamis, ada juga listrik statis (listrik diam) yaitu suatu kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tidak mengalir atau tetap, contohnya penggaris yang digosokkan pada rambut, kemudian didekatkan pada potongan kertas kecil-kecil, maka kertas akan tertarikoleh penggaris seakan-akan ada medan magnet yang menariknya. Muatan listrik yang terkandung pada penggaris setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir sehingga disebut listrik diam (listrik statis). gaya listrik statis pada penggaris, terjadi perpindahan muatan listrik. Namun, setelah muatan listrik pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda tersebut akan saling menolak atau melepaskan diri sehingga potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris.


Posting Komentar

0 Komentar