Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6

 Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6

A. Kata Sulit, Gagasan Pokok dalam Paragraf

1. Bacalah artikel berikut!

Karnaval Mini di Sintang

Pada tanggal 16 Agustus 2016 di Kabupaten Sintang, Kalimantan dilakukan karnaval untuk memperingati kemerdekaan RI. Karnaval diadakan di depan Pendopo Bupati Sintang. Karnaval itu diikuti oleh 46 regu terdiri atas para pelajar dan budayawan di Kabupaten Sintang. Karnaval mini ini merupakan upaya edukasi bagi masyarakat. 

Karnaval ini diharapkan dapat meneguhkan kesadaran masyarakat bahwa di Indonesia ini terdapat keragaman suku bangsa. Keragaman itu terlihat dari kostum, atribut, dan lambang yang dikenakan para peserta karnaval. 

Kabupaten Sintang dapat dikatakan sebagai Indonesia mini. Di Sintang tinggal masyarakat yang terdiri atas berbagai suku bangsa dengan aneka bahasa dan budaya. Bupati Sintang, Jarot Winarno, mengharapkan agar perbedaan yang ada menjadi suatu kekuatan bagi bangsa. Sikap saling menerima, saling menghormati, dan saling bekerja sama harus terus dikembangkan dalam mengisi kemerdekaan yang sudah diwariskan oleh para pahlawan. 

B. Tanda Temo dan Tinggi Rendah Nada dalam Lagu Daerah

Kalian sudah mempelajari tanda tempo dan tinggi rendah nada dalam lagu. Dalam lagu daerah juga terdapat tanda tempo dan tinggi rendah nada. Tangga nada yang digunakan adalah pentatonis. Tangga nada pentatonis terdiri dari 5 nada berjenjang. Keberagaman bahasa dan suku berpengaruh terhadap keberagamannya banyak lagu daerah. 

Ciri-ciri lagu daerah sebagai berikut:

    1. Lirik lagu berbahasa daerah setempat
    2. Jarang diketahui pencipta lagunya
    3. Diwariskan secara lisan turun temurun
    4. Lagunya sederhana
    5. Menceritakan budaya umum masyarakat

Berikut lagu daerah di Indonesia:

Sumber: musikterbaru

LATIHAN SOAL Materi Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 --> KLIK DISINI





Posting Komentar

0 Komentar