Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1

Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1

A. Cara Bertoleransi dalam Keragaman

Negara Republik Indonesia memiliki keragaman adat, budaya, dan agama. Adat dan budaya setiap daerah unik dan berbeda dari daerah lain. Agama yang dianut penduduk pun beragam. Dengan perbedaan itu, bagaimana kita dapat menjaga kesatuan bangsa? Nah, untuk menjaga kesatuan bangsa dan supaya tetap rukun, mari kita lakukan sikap-sikap berikut.

Salah satu sikap yang harus dilakukan yaitu adanya toleransi dan saling menghormati dalam menjalankan ibadah. Bagaimana perwujudannya? Salah satu perwujudannya kita tidak boleh menghina teman yang berbeda agama. Selanjutnya, saat teman kita sedang beribadah kita tidak boleh mengganggu mereka.

Sikap lain yang harus dilakukan yaitu menghargai kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Negara kita kaya akan berbagai kebudayaaan daerah. Kita boleh membanggakan kebudayaan daerah sendiri. Namun, kita juga harus menghargai dan ikut melestarikan kebudayaan daerah lain. 

Jadi, untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI, bagaimana sikap kita? Kita harus saling menghargai, menghormati, dan menyayangi orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan budaya. Sikap itulah yang harus selalu kita tanamkan pada diri kita. 

B. Gaya Magnet dan Gaya Gravitasi

Gaya adalah tarikan dan dorongan yang dapat mengubah suatu benda. Gaya sesungguhnya tidak dapat dilihat, tetapi akibat dari benda yang dikenai gaya akan dapat kita lihat dan rasakan. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menemukan bermacam-macam gaya, antara lain gaya magnet dan gaya gravitasi.

1. Gaya Magnet

Magnet adalah suatu benda yang mempunyai sifat dapat menarik benda-benda yang ada di sekelilingnya terbuat dari logam tertentu. Bentuk magnet ada bermacam-macam, yaitu magnet batang, jarum, silinder, tapal kuda (ladam), cakram, cincin, dan huruf U.

Magenet memiliki sifat-sifat sebagai berikut.

a. Memiliki dua kutub, kutub utara dan selatan.


Apabila kedua kutub senama didekatkan (utara-utara, selatan-selatan) maka akan tolak menolak.

Apabila kedua kutub tidak senama (utara-selatan) maka akan tarik menarik.



b. Apabila bergerak bebas, kutub magnet akan menunjukkan arah utara dan selatan.

c. Magent menarik benda terbuat dari logam tertentu.

d. Gaya magnet bisa menembus benda tertentu. Tapi daya tarik atau kekuatan magnet dipengaruhi oleh ketebalan penghalang dan jarak antara magnet dan benda yang ditarik.

e. Bagian ujung magnet memiliki daya tarik yang lebih kuat dari bagian lainnya.

Gaya magnet memiliki manfaat sebagai berikut.

a. Penerapan gaya magnet pada kompas untuk menunjukkan arah.

    Kompas adalah alat penunjuk arah utara dan selatan. Pada kompas terpasang sebuah magnet berbentuk jarum. Jika diletakkan mendatar, jarum kompas akan selalu menunjuk arah utara dan selatan.

b. Magnet juga berguna untuk memindahkan benda-benda berat terbuat dari besi.

2. Gaya Gravitas

Gaya gravitasi disebut juga gaya tarik bumi. Gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah (pusat bumi) sehingga tidak terlempar ke angkasa. Kekuatan gaya gravitasi bumi terhadap benda bergantung pada jarak benda dari pusat bumi. Semakin jauh letak suatu benda dari pusat bumi, maka semakin kecil gaya gravitasinya.

Akibat dari adanya gaya gravitasi, benda-benda memiliki kecepatan jatuh yang berbeda. Kecepatan tersebut dipengaruhi oleh berat dan luas permukaan benda.

Jika tidak ada gaya gravitasi, semua benda yang kamu lemparkan ke atas dapat dengan mudah hilang karena melayang di angkasa. Bahkan, diri kamu sendiri dapat terbang dan sulit untuk kembali ke rumah. Oleh karena itu, gaya gravitasi sangat bermanfaat karena dapat menahan benda-benda agar tetap berada di bumi.

LATIHAN SOAL Materi Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 --> KLIK DISINI










Posting Komentar

0 Komentar