Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2

 Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2

A. Kombinasi Gerak Berjalan, Meliuk, dan Mengayun pada Senam Irama

Pada pembelajaran sebelumnya kalian telah mempraktikkan gerakan pada senam ritmik dengan simpai dan tongkat berpita. Selain kedua alat tersebut, senam ritmik juga dapat menggunakan alat bola. 

Perhatikan gerakan berikut.

1. Pegang bola dengan tangan kanan

2. Lakukan gerakan berjalan dua langkah sambil memutar bola

3. Lakukan gerakan meliukkan badan sambil mengayunkan bola

B. Informasi Terkait Perubahan Energi

Perubahan energi bukan hanya terjadi di dalam tubuh manusia. Perubahan energi dapat dilihat pada peralatan yang kita gunakan sehari-hari. 

1. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Panas 

Peristiwa perubahan energi ini dapat terjadi pada seterika listrik. Saat kabel seterika diberi aliran listrik, seketika itu energi listrik berubah menjadi energi panas. Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik dan penanak nasi listrik.

2. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak 

Perubahan energi lainnya adalah perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Lihatlah alat-alat berikut. Saat menggunakan peralatan tersebut, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.

3. Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Panas 

Contoh perubahan energi kimia menjadi energi panas dapat dilihat pada kompor minyak tanah. Sebelum digunakan kompor diisi dengan minyak tanah terlebih dahulu. Kompor dinyalakan dengan api. Timbullah panas. Dengan energi panas itu kita dapat memasak nasi, memasak air, menggoreng ikan, dan lain-lain. Energi kimia lainnya adalah gas. Gas dapat digunakan untuk menyalakan kompor. Saat kompor gas menyala terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.

4. . Perubahan Energi Gerak Menjadi Energi Bunyi 

Contoh perubahan energi gerak menjadi energi bunyi dapat kita lihat saat seorang pemain drum memainkan alat musik drumnya. Ia menggunakan energi geraknya untuk membunyikan drum. Contoh lainnya yaitu saat kentongan dipukul. Energi gerak pemukul kentongan berubah menjadi energi bunyi.

C. Kewajiban Terkait Penggunaan Energi

Energi adalah ciptaan Tuhan. Kita berhak menggunakan energi tersebut. Selain itu, kita juga berkewajiban menggunakan dengan bijak. Energi harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang berguna, misalnya kita berhak menggunakan energi yang ada dalam tubuh kita. Kita berkewajiban menggunakannya untuk hal-hal yang baik, misalnyapertani menggunakan energi untuk pergi ke sawah, dokter menggunakan energi untuk mengobati orang sakit, api digunakan untuk memasak, dan sebagainya.

Klian tidak boleh menggunakan energi untuk hal-hal yang tidak baik, misalnya menggunakan api untuk menyalakan petasan. Hal tersebut harus dihindari karena termasuk perilaku menggunakan energi secara tidak bertanggung jawab.

TUGAS AKTIVITAS Materi Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 --> KLIK DISINI

LATIHAN SOAL Materi Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 --> KLIK DISINI



Posting Komentar

0 Komentar