Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1

 Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1

A. Menemukan Informasi dari Teks tentang Peristiwa Perubahan Energi

Salahs atu sumber informasi adalah membaca teks. Dengan membaca teks secara seksama, kalian bisa menemukan pokok-pokok informasi yang terdapat pada teks tersebut. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menulis informasi penting dari suatu teks.

    1. Membaca teks dengan seksama
    2. Memahami isinya
    3. Mencatat kalimat atau kata-kata yang dianggap penting dan menjadi inti dari bacaan tersebut
    4. Menulis hal-hal penting tersebut secara singkat, jelas dan urut.


Bacalah bacaan teks berikut!

Perubahan Energi

Lani sedang membantu ibu di dapur. Lani memperhatikan kompor yang sedang menyala. Lani bertanya kepada ibu, bagaimana kompor itu dapat menyala. Kompor dapat menyala karena ada bahan bakarnya. Bahan bakar yang sering digunakan untuk kompor adalah minyak tanah dan gas. Energi pada minyak tanah dan gas adalah energi kimia. Minyak tanah diserap oleh sumbu kompor. Sumbu kompor disulut api hingga menyala. Pada saat kompor menyala terjadi perubahan dari energi kimia menjadi energi panas. Saat kompor gas menyala juga terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.

Perubahan energi juga terjadi di dalam tubuh. Makanan merupakan sumber energi kimia di dalam tubuh. Makanan tersebut diolah menjadi sarisari makanan. Sari-sari makanan diubah menjadi energi. Karena energi inilah seluruh bagian tubuh dapat bekerja.

 Mata, mulut, tangan, dan kaki dapat bekerja karena adanya energi. Begitu pula bagian-bagian tubuh lainnya.


B. Gerak Kuat dan Lemah Kaki pada Tari

Gerak tari adalah gabungan gerakan semua anggota tubuh. Salah satu gerak dasar dalam tari adalah gerak kaki. Ada beberapa jenis gerakan kaki, misalnya gerakan berjalan, melompat, meloncat, berputa, dan jinjit. Gerakan kaki ada yang kuat dan ada yang lemah.

Berikut contoh gerak lemah kaki pada tari.

1. Tangan bertolak di pinggang. Kaki kanan dijulurkan ke depan menyilang ke kiri. Posisi ujung telapak kaki menghadap ke atas. Tumit menyentuh lantai. Lakukan bergantian dengan kaki kiri menyilang ke kanan.



2. Kaki kanan dibuka ke samping kanan. Kaki kiri merapat sambil menekuk lutut. Badan juga dicondongkan ke kanan. Kemudian kaki kiri digerakkan ke samping kiri. Kaki kanan dirapatkan ke kiri sambil menekuk lutut. Badan dicondongkan ke kiri. Lalu kembali ke posisi semula.


3. Kaki kanan digerakkan ke samping kanan sambil kedua lutut ditekuk, badan ikut turun mengikuti gerakan lutut yang menekuk. Saat lutut ditekuk, kedua tangan diayunkan ke depan sampai batas dada. Setelah itu ganti arah gerakan ke kiri.


C. Menentukan Lamanya Suatu Kejadian
Ingatlah kembali cara menentukan lamanya waktu pada pembelajaran yang lalu! Perhatikan contoh cara menentukan lamanya waktu berikut!
Lina belajar menari pada pukul 12.30 sampai pukul 14.30. Lama Lina belajar menari dapat dihitung dengan cara sebagai berikut.

14.30
12.30 _
02.00

Jadi, Lina belajar menari selama dua jam.

Posting Komentar

0 Komentar