Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2

 

Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2

A. Gerak Angin Sebagai Energi Alternatif

Zaman dahulu angin sudah digunakan dalam kehidupan manusia. Angin digunakan untuk menggerakkan perahu layar. Angin juga digunakan untuk menggerakkan roda penggilingan padi. 

Gerak angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. 

Energi angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB). Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.

B. Gerak Kombinasi Berjalan, Meliuk, dan Mengayun

Kombinasi gerakan berjalan, meliuk, dan mengayun dapat dilakukan melalui permainan dengan alat yang dibuat sendiri.

Ikutilah gerakan berikut!

1. Siapkan dua pasang bambu seukuran pensil untuk masing-masing pemain.




2. Ikatkan tali pada ujung pensil. Ukuran tali lebih panjang dari pensil.





3. Gerakan pertama adalah berlatih menggerakkan tali. Caranya adalah menggerakkan tangan ke kiri dan ke kanan.



4. Gerakan kedua meliukkan badan dari kiri ke kanan. Sambil meliukkan badan, tangan menggerakkan bambu ke kiri dan ke kanan. Lakukan kegiatan kombinasi gerakan berikut! Gerakan badan seperti menirukan gerak daun tertiup angin.







5. Gerakan keempat berjalan sambil meliuk dan mengayun tali. Langkah pertama mulai dari kaki sebelah kiri. Kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Badan meliuk ke arah kiri. Saat meliukkan badan, ayunkan kedua tangan ke arah kiri. Ayunkan tangan untuk menggerakkan tali.









6. Gerakan kelima kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Badan meliuk ke arah kanan. Saat meliukkan badan, ayunkan kedua tangan ke arah kanan. Ayunkan tangan untuk menggerakkan tali.








C. Mengenal Hak dan Kewajiban

Menikmati energi yang tersedia adalah hak manusia. Kewajiban manusia adalah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang. 

Anak-anak memiliki hak untuk bermain. Kewajiban anak adalah membagi waktu bermain dan belajar dengan benar.Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh sikap memenuhi hak.

LATIHAN SOAL Materi Kelas 3 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2 --> KLIK DISINI

Posting Komentar

0 Komentar