Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Rangkuman Kelas 4 Tema 6 Subtema 3

RANGKUMAN KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3

(Boleh di copy paste. Jangan lupa tuliskan sumbernya.)

BAHASA INDONESIA
   1. Deklamasi merupakan salah satu cara membaca puisi tanpa menggunakan teks puisi. Biasanya dengan cara menghafalnya terlebih dahulu.

   2. Membaca puisi memerlukan pelafalan yang jelas dan intonasi yang tepat. Selain itu pemenggalan kalimat (jeda) juga harus diperhatikan. Sehingga puisi akan didengar dan dirasa lebih mudah dipahami isinya.

    3. Contoh menentukan Jeda:

    Kau// adalah/ para penyelamat negeri//

    Catatan:

    1. /berhenti sebentar untuk bernafas

    2. //berhenti agak lama

PKn
    1. Persatuan dan kesatuan merupakan prinsip kebangsaan yang dipegang sejak dahulu oleh pendiri bangsa ini. Bung Karno mewujudkannya dengan simbol pembangunan masjid istiqlal masjid tersebar di Indonesia dengan oleh arsitek Frederich Salaban disandingkan dengan gereja katholik tempat umat katolik beribadah yang merupakan gereja terbesar di Jakarta. Kedua bangunan ini menjadi simbol toleransi dan persatuan.

    2. Setiap daerah di Indonesia menghasilkan SDA yang berbeda-beda. Semua SDA itu dikelola Negara untuk kemakmuran rakyatnya. Sehingga keragaman penghasil SDA akan memperkuat rasa saling membutuhkan antara satu daerah dengan daerah yang lain. Demikian juga keragaman kegiatan keragaman yang meningkatkan kerukunan antar umat bergama.

    3. Contoh Kegiatan Keragaman Agama:

    a. Islam: Idul fitri, dan idul adha
    b. Kristen: Paskah
    c. Katolik: Natal
    d. Hndu: Nyepi
    e. Budha: Waisak
    f. Konghucu: Imlek/ Cap Go Meh

IPA
   
1. Sumber daya alam mineral merupakan SDA yang tidak dapat diperbarui sehingga sangat lama pembentukannya. Sumber daya alam mineral yang dimaksud berupa bantuan dan bahan tambang. Batuan dapat berupa pasir, tanah liat, dan semen. Bahan tambang berupa emas, besi, batu bara, dan minyak bumi.

    2. Upaya Pelestarian Makhluk Hidup Tumbuh-tumbuhan:

    a. Kebun koleksi: Untuk mempertahankan tumbuhan bibit unggul. Contoh: di kebun kelapa di Bone-bone kebun mangga di Pasuruan.
    b. Kebun Plasma mutfah: Perkembangan dari kebun koleksi, contoh: Kebun plasma mutfah di Cibinong LIPI dengan buah-buahan inti dan suweg.
    c. Kebun Botani: Kebun Raya Bogor, berdiri tahun 1817 di Bogor.

IPS
    1. Peta Tematik yaitu peta yang berisi informasi khusus, misalnya Peta persebaran sumber daya alam berupa tumbuhan (tanaman pangan, tanaman industri, dan hutan). Seperti gambar peta di BUPENA Halm. 64 dan peta persebaran sumber daya alam berupa hewan (hewan liar dan hewan ternak).
    a. Tanaman pangan: Padi, palawijaya, sayuran, dan buah-buahan.
    b. Tanaman industri: tebu, karet, kopi, teh, kelapa sawit, tembakau, dan kopra
    c. Tanaman hutan diperlukan untuk mencegah banjir, tanah longsor, menyimpan cadangan air, dan perlindungan hewan.
    d. Hewan liar (tinggal di hutan dan taman-tamanan nasional untuk dilindungi dari kepunahan): Harimau, kera, orang utan, gajah, badak, benteng, anoa, dll.
    e. Hewan ternak (dipelihara atau diternakkan untuk memenuhi kebutuhkan manusia)" ayam, itik, sapi, udang, domba, dll.

    2. SDA barang tambang yang tersebar di Indonesia: minyak bumi, batu bara, tembaga, besi, timah, kapur, yudium, asbes, marner, dan belerang.

SBDP
    1. 
Kolase adalah teknik karya seni tempel yang menggunakan berbagai macam bahan dasar berbeda. Seperti misalnya menempelkan kertas, plastik, maupun kain pada satu permukaan pola sehingga membentuk sebuah karya seni yang unik.

    2. Montase artinya potongan-potongan gambar yang kemudian ditempelkan pada satu bidang yang sama sehingga membentuk makna baru. Pengertian montase ini tentu berbeda dengan kolase karena jika kolase menggunakan bahan-bahan dasar yang belum diolah sama sekali, teknik montase menggunakan bahan dari potongan gambar yang sudah ada.

    3. Mozaik adalah karya seni tempel yang menggunakan bahan dasar sama. Seperti contohnya terbuat dari keramik, pecahan kaca, kulit telur, kepingan daun, kepingan batu, kepingan kayu, dan bahan lainnya. Tetapi, bahan-bahan tersebut haruslah memiliki ukuran yang sama.


Posting Komentar

0 Komentar