Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


POSTER

Poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai.

Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya, informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat.




Tujuan dibuatnya poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat daN lain sebagainya.

Jenis-Jenis Poster

Adapun jenis-jenis poster yang diantaranya yaitu:

1. Poster Niaga

Poster ini berisi mengenai suatu produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Poster niaga ini banyak digunakan oleh para produsen kepada masyarakat dengan harapan akan bisa meningkatkan penjualan.

2. Poster Kegiatan

Poster ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai suatu acara atau event. Di dalam poster ini biasanya terpampang nama dari acara,lokasi serta waktu kapan dimualinya acara. Penggunaan poster ini bertujuan agar ada banyak orang yang hadir dan meramaikan acara tersebut.

3. Poster Pendidikan

Poster jenis ini berisi tentang hal-hal yang bertemakan pendidikan, seperti sosialisasi sebuah program, serta ajakan untuk giat dalam belajar.

4. Poster Layanan Masyarakat

Poster ini berisi mengenai sosialisasi tentang program baru yang dibuat oleh pemerintah kepada masyarakat.

5. Poster Kampanye

Poster kampanye merupakan poster yang sengaja dibuat dengan tujuan mengkampanyekan berbagai macam hal tertentu “orang, acara/kegiatan, benda dan lain-lain”.

Unsur-Unsur Poster
Unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam poster adalah:

1. Judul Judul poster harus singkat, padat, dan jelas. Judul poster juga harus mencakup keseluruhan isi poster.

2. Informasi (Isi) Isi poster berisi penjelasan tentang judul poster. Isi poster sebaiknya dibuat dalam bentuk poin-poin sehingga lebih efektif dan efisien.

3. Gambar Gambar membuat poster menjadi lebih menarik. Selain itu, gambar juga memperjelas isi poster.

4. Sumber (Daftar Pustaka) Informasi dan gambar yang digunakan dalam pembuatan poster dapat berasal dari berbagai sumber. Sumber-sumber tersebut dapat berasal dari buku atau internet.
(Sumber:https://www.dosenpendidikan.co.id/, dengan pembaruan)

Tugas!

1. Carilah gambar masing-masing 1 poster niaga, poster kegiatan, poster pendidikan, poster layanan masyarakat, dan poster kampanye, dengan ketentuan:

    a. Carilah gambar dengan bimbingan orang tua di internet.
    
    b. Gambar ditempel di selembar kertas HVS, diberi penjelasan singkat tentang poster.


Posting Komentar

0 Komentar