Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


BDR Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2

 Tema : 6. Cita-citaku

Subtema: 3. Giat Berusaha Meraih Cita-cita

Pembelajaran: 2

Tujuan Pembelajaran  

Setelah membaca materi daring, peserta didik dapat menjelaskan dan membuat karya seni kolase, menjelaskan cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat dan semangat. Bagaimana kabar Ayah/ Bunda? Semoga juga selalu sehat dan tetap semangat mendampingi putra/putrinya di rumah.

Bapak/ Ibu Guru berpesan jangan lupa untuk selalu lakukan 3 M, bila ingin berpergian. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum dan setelah bepergian.

Mari kita awali pembelajaran hari ini dengan membaca basmalah. Bismillahirrohmanirrohim.

Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan daur hidupnya. Makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya. 

Sepantasnya manusia berusaha dan bertindak untuk memelihara, mengembangkan dan menjaga keanekaragaman makhluk hidup. Ada tumbuhan dan hewan yang dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi, dan ada juga yang keberadaannya harus dilestarikan agar tidak punah. Mari kita simak materi di bawah ini: (KLIK tulisan berwana merah di bawah ini untuk menyimak materi)

Materi Pelestarian Makhluk Hidup

Bagaimana pendapat anak-anak mengenai penjelasan materi tersebut, mudah dipahami bukan? Sebagai evaluasi, kerjakan tugas yang terdapat pada materi tersebut. Tulis jawabanmu di buku tulis, Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu Guru melalui WA.

Terima kasih kepada anak-anak yang sudah mengirimkan tugas pertamanya.

Tumbuhan dan hewan selain dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi, banyak juga dimanfaatkan menjadi barang-barang yang dipakai untuk kebutuhan manusia, seperti sepatu yang terbuat dari kulit, lemari kayu, kertas, dan masih banyak lagi. 

Sebagai upaya menjaga lingkungan, kita dapat memanfaatkan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan barang-barang kebutuhan manusia, salah satunya untuk membuat karya seni rupa. 

Membuat karya seni rupa dengan menggunakan barang bekas adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Kali ini kamu akan membuat karya kolase dengan menggunakan bahan kertas koran bekas. 

Tahukah kamu tentang kolase? Kolase adalah teknik untuk membuat karya seni rupa dua dimensi dengan cara memotong dan menempel. Bahan yang digunakan terdiri atas berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar. Simaklah video cara membuat kolase dari koran bekas berikut ini!



Buatlah kolase dari koran bekas dengan tema tumbuhan atau hewan. Buatlah di buku gambar atau kertas HVS. Jika sudah fotokan hasilnya dan kirim kepada Bapak/Ibu Guru melalui WA.

Jika ada kesulitan dalam belajar, minta tolong Ayah dan Bunda untuk membantu. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini!

Kami sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran berjalan baik. Marilah kita akhiri pembelajaran ini dengan membaca hamdalah. Alhamdulillahhirobbil'alamin.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Sumber:

    Buku Siswa Kelas 4 K13


Posting Komentar

0 Komentar