Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Perbedaan Suhu dan Panas

Panas dan suhu mungkin agak sulit melihat perbedaan mereka dan sering dianggap sama. Oleh karena itu, perlu untuk membedakan keduanya untuk mengeluarkan gambaran yang jelas tentang keduanya. Mereka mungkin terdengar serupa tetapi jauh berbeda menurut sains dan penelitian.

Dalam kehidupan sehari-hari Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. 


Sumber: indopost.com

Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur. 

Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. 

A. Energi panas 

Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter. 

B. Suhu 

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu adalah Celcius (°C), Fahrenheit (°F), dan Kelvin (K). Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. 

Sumber: hisham.id

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari penjelasan di atas bahwa perbedaan suhu dan panas sebagai berikut:

1. Energi panas adalah energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Sedangkan suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. 

2. Panas adalah suatu energi sedangkan suhu adalah ukuran energi.

3. Panas akan meningkatkan dan menurunkan suhu. Peningkatan panas pada suatu benda akan menyebabkan peningkatan suhu dan sebaliknya menurunkan panas pada suatu benda akan menyebabkan menurunnya suhu.

4. Satuan panas adalah kalori, sedangkan satuan suhu Celcius (°C), Fahrenheit (°F), dan Kelvin (K).

5. Alat untuk mengukur panas adalah kalorimeter, sedangkan mengukur suhu menggunakan termometer.

(Sumber : Buku Siswa Kelas 5 K13; hisham.id, dengan pembaruan)


Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!

1. Apa yang kamu ketahui tentang panas?

2. Apa yang kamu ketahui tentang suhu?

3. Sebutkan perbedaan suhu dan panas!

4. Ceritakanlah sebuah peristiwa yang kamu alami yang dapat menjelaskan perbedaan antara suhu dan panas!

5. Gambarkan termometer dan beri penjelasan bagian termometer!


Posting Komentar

0 Komentar