Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Perbedaan Montase, Kolase, dan Mozaik -Pengertian dan Fungsi

Perbedaan Montase, Kolase, dan Mozaik -Pengertian dan Fungsi

1. Kolase

Kolase adalah teknik karya seni tempel yang menggunakan berbagai macam bahan dasar berbeda. Seperti misalnya menempelkan kertas, plastik, maupun kain pada satu permukaan pola sehingga membentuk sebuah karya seni yang unik.

Sumber: Bang Mimin

Karya seni tersebut menggunakan biji-bijian dan dedaunan yang dibuat sedemikian rupa membentuk hewan. Tujuan kolase adalah menggabungkan berbagai macam bahan dasar menjadi suatu hasil karya yang indah.

2. Montase

Montase artinya potongan-potongan gambar yang kemudian ditempelkan pada satu bidang yang sama sehingga membentuk makna baru. Pengertian montase ini tentu berbeda dengan kolase karena jika kolase menggunakan bahan-bahan dasar yang belum diolah sama sekali, teknik montase menggunakan bahan dari potongan gambar yang sudah ada.

Sumber: pinteresr

Karya seni tersebut menggunakan potongan-potongan gambar yang sudah ada. Jadi hanya menempel gambar dan membuatnya saling berhubungan membentuk hasil karya indah.

3. Mozaik

Mozaik adalah karya seni tempel yang menggunakan bahan dasar sama. Seperti contohnya terbuat dari keramik, pecahan kaca, kulit telur, kepingan daun, kepingan batu, kepingan kayu, dan bahan lainnya. Tetapi, bahan-bahan tersebut haruslah memiliki ukuran yang sama.

Sumber: ardra.biz

Karya seni tersebut dibuat dari bahan keramik dengan ukuran yang sama dan berbagai macam warna. Bahan keramik tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambar yang memiliki makna.

Kerjakan penugasan di bawah ini!

1. Buatlah salah satu dari tiga teknik menempel di atas. Buat sesuai kreasi kalian.


Sumber:
    
    Buku Siswa Kelas 4 K13






Posting Komentar

0 Komentar