I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pengertian KATA KUNCI

Kata kunci adalah kata yang merupakan inti bacaan dari sebuah paragraf, biasanya kata kunci dapat dijelaskan oleh beberapa kalimat.


Dalam memahami sebuah bacaan, kata kunci menjadi salah satu unsur penting. Dengan menemukan kata kunci, kita dapat memperoleh wawasan tentang inti atau topik yang dibahas dalam sebuah bacaan atau informasi. Meski begitu, kata kunci pada umumnya tidak disajikan secara eksplisit dalam sebuah bacaan.

Untuk dapat menentukan kata kunci dari sebuah bacaan, kita harus terlebih dahulu mengetahui inti yang sedang dibahas dalam bacaan tersebut, baik dengan menemukan terlebih dahulu ide pokok maupun kerangka karangan yang digunakan. Baru setelah itu, kata kunci dapat dirumuskan dengan menyarikan inti dari seluruh ide pokok tersebut.


Contoh dalam paragraf:


    Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Pengumuman yang dimaksud adalah pengumuman yang berhubungan dengan ketatanegaraan. Setiap bangsa pasti menginginkan kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan bangsa Indonesia. 

    Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama dan membuat rakyatnya menderita. Karena alasan itulah bangsa Indonesia bekerja sama, bahu membahu dengan sekuat tenaga berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya. 


Penjelasan:

1. Paragraf 1: Kata kuncinya adalah proklamasi, paragraf 1 menjelaskan tentang proklamasi.

2. Paragraf 2: Kata kuncinya adalah bangsa, kata 'bangsa paling sering disebutkan.

Sumber:99.co


Kesimpulan yang dapat kita ambil dari penjelasan di atas adalah dalam menemukan kata kunci kita harus memperhatikan:

1. Carilah kata kunci pada kalimat pokok/ ide pokok. 

2. Kata kunci lebih banyak diulang-ulang dalam suatu paragraf.

(Sumber: branly.co.id, dengan pembaruan)


Latihan Soal Kata Kunci ---> KLIK DISINI

Posting Komentar

0 Komentar