Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Materi REKLAME - Pengertian, Tujuan, dan Macamnya

 

REKLAME - Pengertian, Tujuan, dan Macamnya

Reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen. Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang melihat ingin mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan yang disampaikan, dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan. 

Ada bermacam-macam reklame. Ditinjau dari tujuannya terdiri dari reklame komersil dan reklame nonkomersil. Ditinjau dari sifatnya, terdiri dari reklame peringatan, reklame permintaan atau ajakan, dan reklame penerangan. Ditinjau dari jenis (media), terdiri dari reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual. 

Reklame media visual dibagi dua jenis berdasarkan pemasangannya, yaitu reklame dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya ditempatkan di dalam gedung yang strategis dan dapat dilihat orang secara jelas. Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan di luar gedung yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan. Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster, brosur, dan katalog. 

Perhatikan gambar beberapa contoh reklame media visual berikut.


Kerjakan soal-soal di bawah ini!

1. Apa yang dimaksud dengan reklame? 

2. Berilah tiga contoh jenis reklame nonkomersial! 

3. Sebutkan jenis-jenis reklame berdasarkan sifatnya! 

4.Jelaskan perbedaan spanduk dan poster!

5. Jelaskan perbedaan brosur dan katalog! 

Sumber:

    Buku Siswa Kelas 6 K13





Posting Komentar

0 Komentar