Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Materi Pengaruh Cuaca Terhadap Pekerjaan

Pengaruh Cuaca Terhadap Pekerjaan

Cuaca berperan penting dalam segala aktifitas kehidupan. Tak terkecuali pada hasil pekerjaan, cuacapun andil besar dalam hal tersebut.. 

Petani memerlukan air yang cukup untuk mengairi sawahnya. Biasanya pengairan sawah dari saluran irigasi. Ada juga persawahan yang mengandalkan air hujan, yang disebut sawah tadah hujan. Yang hanya bisa ditanami pada saat musim hujan. Padi yang telah dipanen harus segera dikeringkan. Setelah kering, padi ini digiling menjadi beras. Kita tidak boleh menyimpan padi basah. Karena padi basah dapat tumbuh tunas. Saat cuaca cerah, petani mengeringkan padinya. Mereka menjemurnya di halaman rumah. 

Petani garam juga terpengaruh cuaca. Karena garam dibuat dari air laut. Air laut dialirkan ke tambak garam yang dibuat di dekat pantai. Air laut itu kemudian dikeringkan yang memanfaatkan panas matahari. Air laut tersebut akan menguap. Dan dalam tambak menyisakan garamnya saja. Petani garam berharap cuaca selalu cerah. Agar mereka dapat membuat garam lebih banyak. Pekerjaan lain pun banyak yang bergantung pada cuaca. Para pembuat kerupuk, ikan asin, batu bata, genting, dan gerabah. Mereka membutuhkan cuaca cerah untuk menjemur hasil pekerjaannya. 

Para nelayan tradisional juga memperhitungkan keadaan cuaca. Mereka akan menunda melaut bila cuaca mendung, karena bila cuaca mendung maka kemungkinan besar akan terjadi hujan. Saat hujan sering terjadi badai di laut. Badai ini dapat menenggelamkan perahu nelayan.

Kerjakan soal di bawah ini!

1. Buatlah peta pikiran tentang pengaruh cuaca terhadap hasil pekerjaan.

Sumber:

    www.greatedu.co.id

    www.geotimes.co.id

Posting Komentar

0 Komentar