Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Materi Konduktor dan Isolator SD

Konduktor dan Isolator

Benda berdasarkan kemampuannya dalam menghantarkan panas dibedakan menjadi 2 macam, yaitu konduktor dan isolator. Konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik, misalnya benda yang terbuat dari logam seperti paku atau kawat. Isolator adalah benda yang sulit menghantarkan panas, misal kayu dan plastik.

Benda yang ada di sekitar kita terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Ada yang terbuat daru kayu, plastik, logam, dan lainnya. Bahan-bahan tersebutlah yang menentukan kemampuan benda dalam menghantarkan panas. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kemampuan setiap benda dalam menghantarkan panas berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan karena sifat yang dimiliki bahan yang menyusunnya berbeda.

1. Logam

Logam merupakan bahan yang memeiliki sifat keras dan mengkilap, serta tahan suhu yang sangat tinggi. Logam dapat menghantarkan panas dengan baik. Salah satu pemanfaatan lodam adalah dibuatnya wajan untuk kegiatan memasak ikan. Logam nantinya akan menghantarkan panas api dari kompor menuju kemasakan hingga menyebabkan ikan yang digoreng menjadi matang. Beberapa jenis logam antara lain, besi, baja, alumunium, tembaga, kuningan, dan nikel.

2. Kaca

Ketika membuat segalas susu panas. Gelas yang digunakan akan terasa panas. Hal ini menunjukkan gelas yang terbuat dari kaca dapat menghantarkan panas. Akan tetapi, kemampuan kaca dalam menghantarkan panas berbeda dengan kemampuan logam. Logam lebih baik dalam menghantarkan panas dibanding kaca. Selain itu tidak semua kaca tahan terhadap suhu tinggi. Bila dikenai suhu yang tinggi kaca dapat pecah. 

3. Kayu

Kayu merupakan bahan yang kuat, namun tidak dapat menghantarkan panas dengan baik, itu berarti kayu tergolong isolator baik. Sifat isolator yang baik ini dimanfaatkan untuk membuat pegangan pada penggorengan dan panci.

4. Plastik

Plastik juga tergolong isolator dikarenakan sulit menghantarkan panas. Plastik biasa dimanfaatkan untuk menbuat payung. Dengan demikian orang bisa berjalan di bawah terik panas matahari tanpa takut kepanasan.

5. Kain

Kain merupakan bahan baku untuk pakaian. Salah satu sifat kain adalah sulit menghantarkan panas. Selain dibuat menjadi pakaian, kain juga digunakan untuk pembuatan sarung tangan, untuk pengendara sepeda motor guna mencegah panasnya terik matahari.

Sumber:

    Buku Prima Teman Kelas 5

    www.walhere.com



Posting Komentar

0 Komentar